29 Maret 2015

Betul-betul pasar: walau dilarang parkir, tetap saja memarkirkan motor di situ.
Hari ini, saya diajak teman untuk menemani belanja mainan di Pasar Gembrong. Teman saya itu hendak menyelenggarakan suatu pelatihan yang terkait dengan anak-anak, jadi dia perlu membeli alat peraga dan alat bantu untuk pelatihannya. Tidak salah kalau tujuan kami adalah ke Pasar Gembrong, karena memang tempat ini adalah salah satu pusat penjualan mainan anak-anak dengan harga terjangkau di Jakarta.

Pusat Grosir Mainan Pasar Gembrong terletak di wilayah Jakarta Timur, tepatnya di daerah Prumpung, Cipinang. Tidak heran, pasar Gembrong juga dikenal sebagai Pasar Prumpung. Posisinya di pinggir Jl. Jend. Basuki Rahmat. Posisinya strategis, karena relatif dekat dengan Terminal Kampung Melayu dan Stasiun Jatinegara sehingga bisa dijangkau oleh orang dari berbagai penjuru Jakarta.

Pasar Gembrong yang dikenal orang pada umumnya adalah deretan toko penjual mainan yang berjajar di pinggir Jl. Jend. Basuki Rahmat. Namun sebetulnya, diantara toko-toko ini ada gang-gang dan tangga sempit yang membawa pengunjung ke bagian lain dari Pasar Gembrong, yaitu pasar tradisional yang menjual sayuran dan daging segar. Di bagian dalam pasar ini juga ada penjual perlengkapan pesta, souvenir pesta, dan beberapa macam mainan anak-anak.

Transaksi di Pasar Gembrong.
Apa saja yang dijual di Pusat Grosir Mainan Pasar Gembrong? Yang jelas, mainan anak: berbagai macam model mobil-mobilan, action figure, beberapa variasi airsoft gun, boneka bulu dan bantal, mainan kitchen set untuk anak-anak, sampai mainan edukatif seperti tikar bernyanyi, mainan laptop untuk anak bayi, dan puzzle kayu. Untuk yang mencari mainan kayu yang ramah lingkungan, ada juga toko yang khusus menjual mainan kayu. Selain mainan, ada juga penjual karpet, sepeda anak, dan alat musik untuk anak. Saya dan teman saya sendiri muter-muter untuk mencari mainan sejenis lego dan play-dough. Untuk yang takut membawa uang banyak ke pasar, jangan khawatir, ada beberapa kios yang menerima kartu debit BCA (tidak semua penjual).

Yang berminat untuk datang ke Pasar Gembrong, tidak perlu khawatir tentang transportasi  umum karena aksesnya cukup mudah. Masalah transportasi lebih ke arah kemacetan dibandingkan pilihan kendaraan umumnya. Justru yang ingin menggunakan kendaraan pribadi harus siap-siap, karena di sini amat-sangat-susah-sekali mencari tempat parkir.

Bisa naik Transjakarta.

Beberapa alternatif transportasi:


Transjakarta

Turun di halte busway Pedati Prumpung (K10-16). Halte busway ini merupakan bagian dari koridor 10 yang melayani rute Tanjung Priok – Halte Cililitan PGC. Kalau naik transjakarta, jalan kakinya lumayan jauh. 
Untuk mencapai tempat berjualan mainan, pengunjung bisa berjalan mengikuti jalan raya, atau potong kompas dengan cara masuk ke pasar tradisionalnya. Dari pasar tradisional, tinggal blusukan kampung untuk sampai di pasar mainannya. Atau, dari halte busway menyambung Mikrolet 04 jurusan Rawasari – Cililitan supaya bisa turun persis di depan pasar mainan.

KRL

Turun di stasiun Jatinegara, terus menyambung Mikrolet 06A jurusan Jatinegara – Gandaria. Turun di perempatan Prumpung, terus jalan kaki sekitar 5 menit. Hati-hati jalan di sini karena lalu-lintasnya lumayan ramai.

Angkot dan bus

Ada beberapa bus yang lewat sini. Berdasarkan pengamatan, ini beberapa kendaraan umum yang lewat:

  • Mikrolet 04 jurusan Rawasari – Cililitan (lewat persis di depan pasar mainan)
  • Mikrolet 06a jurusan Jatinegara – Gandaria (turun di perempatan Prumpung lalu jalan kaki sedikit)
  • Mikrolet M31 jurusan Kampung Melayu – Pondok Kelapa (lewat di depan pasar tapi masuk underpass, jadi turunnya harus agak jauh dari pasar mainannya)
  • Metromini T52 jurusan Kampung Melayu – Cakung (lewat underpass juga)
  • Mayasari Bakti 57 jurusan Pulogadung – Blok M (turun di perempatan Prumpung lalu jalan kaki sedikit)

 
Pasarnya sih kecil, cuma di pinggiran jalan (bagian kanan foto) saja. Tapi omset harian di sini bisa membuat sirik hati.

0 Komentar:

Posting Komentar