10 Januari 2017

(Update 15 Januari 2017)

Kali ini, saya akan mengulas perjalanan dari Ragunan ke Kota Kasablanka naik bus Transjakarta. Di sini saya hendak memperkenalkan jalur Feeder Busway Stasiun Tebet – Karet. Bus Transjakarta inilah yang sering terlihat mondar-mandir di sekitaran Kasablanka. 
Ini jalur saya waktu mengunjungi Mal Ambassador (atau Kota Kasablanka) dari arah Ragunan :
  • Berangkat dari halte busway Ragunan
  • Naik Transjakarta Koridor 6 jurusan Ragunan – Dukuh Atas
  • Transit di halte busway Patra Kuningan
  • Ambil Feeder Busway jurusan Stasiun Tebet – Karet.

Kalau mau ke Mal Ambassador, turun di depan Mal Ambassador. Kalau mau turun di Kota Kasablanka, turun di Halte Sekolahan. Tinggal jalan sedikit.
Bus Stasiun Karet - Tebet melintasi Jl. Kasablanka.
Jalur Feeder Busway jurusan Stasiun Tebet – Karet membentuk loop. Artinya, bus-bus ini bergerak satu arah saja dan berkeliling sesuai dengan alur tertentu. Jalur bus Feeder Busway jurusan Stasiun Tebet – Karet adalah:
  • Stasiun Karet – Seberang jalan dari Kota Kasablanka – Halte Busway Patra Kuningan (Jalur 6) – dekat Lotte Avenue – Kolong Jembatan Karet (Jl. Jend. Sudirman) – Mal Ambassador – Kota Kasablanka – Stasiun Karet.

Tidak ada jalur balik. Jadi, kalau mau ke Stasiun Tebet dari Halte Busway Patra Kuningan, ya harus bersabar dulu – ikut muter melewati Mal Ambassador dan Kota Kasablanka. Istimewanya jalur ini adalah, satu-satunya Halte Busway yang dilewati oleh bus ini hanyalah Halte Busway Patra Kuningan. Jadi, untuk yang mau naik busway ke Mal Ambassador, misalnya, harus turun di Halte Busway Patra Kuningan untuk bisa naik bus feeder ini. Kalau naik dari halte bus feeder di pinggir jalan (bukan di Halte Busway), pasti disuruh bayar lagi.

Di dalam Feeder Busway.

Tambahan (15 Januari 2017):
Baru kemarin di halte busway Patra Kuningan, saya menemukan informasi lengkap tentang feeder jurusan Stasiun Tebet - Karet ini. Ternyata ada tiga alternatif jalur, yaitu:

  • Melewati halte busway Patra Kuningan dan Jl. Prof. Dr. Satrio (Kasablanka) seperti biasa (6D)
  • Tidak melewati halte busway Patra Kuningan (6C)
  • Melewati halte busway Patra Kuningan dan masuk ke dalam kawasan Mega Kuningan (6K)

Jadi, kalau mau naik ke bus feeder, biasakan bertanya dulu lewat tempat tujuan kita atau tidak. Siapa tahu bus ini tidak melewatinya. Tentunya kalau tujuannya ke Mal Ambassador atau Kota Kasablanka, tidak perlu khawatir karena semua bus ini melewatinya. Nah, ini informasi yang saya dapatkan tentang bus feeder itu:
Informasi tentang Bus Feeder Stasiun Tebet - Karet.
Lumayan kan, sekarang ada cara mudah untuk belanja di mal-mal di sekitaran Kasablanka.

14 Komentar:

  1. Artikelnya top markotop:) baguss saya tunggu oleh oleh balik ya di bloger saya

    BalasHapus
  2. Kalo di jakarta lebih nyaman naek transport umum ya (busway atau krl).. Gak enaknya kalo pas ketemu jam rame.. Antrian busway melebihi uler keket.. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha! Bener banget! Tapi, kalau pas jam macet, nyetir mobil sendiri bisa bikin kaki tangan pegel semalaman.

      Hapus
  3. sangat informatif sekali blognyaa.. pertanyaan besar memang busway yg melayani jalur ini..thx sudah memberi informasi..
    boleh kunjungi blog saya yg sudah lama tak update hehe.. suksess
    http://audinurich.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Maaf mau tanya juga, berarti kalo dari patra kuningan tetep bisa ke stasiun tebet kan? Cuma dia muter dulu ya?._. makasih sebelumnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali! Kalau tujuannya adalah untuk naik kereta dari Halte Busway Patra Kuningan, bisa pilih ambil bus ini untuk ke Stasiun Tebet atau ambil bus rute Ragunan-St. Manggarai.

      Hapus
  5. Maaf, mau tanya juga min, saya mau keMall ambasador, klo dari stasiun tebet tuh gmna ya? Saya ga ngerti sama skali naik busway, blm prnh naik soalnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau turun di Stasiun Tebet, keluarnya di pintu utama ya. Biar bisa langsung lihat bus Transjakartanya. Kalau kita keluar di pintu utama, kita akan langsung melihat jalan layang di depan kita. Nah, bus-bus Transjakarta itu berhentinya di kolong jalang layang, tepatnya di halte Feeder Transjakarta yang adanya di tengah kolong.

      Nggak susah nyarinya, soalnya biasanya di sekitar situ ada mbak-mbak dan mas-mas berseragam petugas Transjakarta bergerombol. (Eh ... ini kalau pengalaman saya ya. Mungkin jam saya main ke Tebet adalah jam istirahatnya mereka.)

      Hapus
  6. Kalo sebaliknya dari mall ambassador mau ke ragunan , naek feeder karet nya di dpn mall ambass dimna ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huehehe ... belum pernah naik dari Mal Ambasador. Tapi pernah turun di depan mal. Seingat saya, pokoknya begitu turun bus langsung kelihatan pintu utamanya Mal Ambasador. Harusnya sih, dimana penumpang turun, di situ juga bisa naik kan ya.

      Hapus
  7. Min kalo dari halte tegal parang ke mall ambassador naik busway ke mana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Tegal Parang, tinggal naik bus Transjakarta ke arah Semanggi, turunnya di Kuningan Barat. Pastikan turun di Kuningan Barat ya, itu cuma satu halte sesudah Tegal Parang. Dari situ jalan kaki (naik jembatan penyeberangan) ke halte busway Kuningan Timur. Jangan tap out ya. Dari Kuningan Timur, ambil jurusan Dukuh Atas atau jurusan Senen, turun di Patra Kuningan. Itu juga hanya satu halte sesudah Kuningan Timur. Di situ, tunggu saja Feeder Busway yang ke arah Mal Ambassador.

      Hapus