24 Agustus 2019

Karawaci? Jauh banget! Ya kalau untuk penghuni Jakarta Selatan seperti saya, Karawaci itu jauh ... banget. Tapi kalau tinggalnya di sekitar Tangerang, ya dekat lah ya. Nah, ini saya bagikan pengalaman saya naik busway dari Manggarai ke Supermal Karawaci dan balik lagi ke Manggarai. Supermal Karawaci letaknya di dalam perumahan Lippo Karawaci ya. Tempat perbelanjaan ini letaknya dekat dengan Universitas Pelita Harapan dan Rumah Sakit Siloam Lippo Village. Oh ya, jalur ini bisa dipakai untuk orang-orang yang berniat pergi ke sekitaran Lippo Karawaci naik bus Transjakarta.
Bus Transjakarta.
Bus Transjakarta ke Karawaci yang saya gunakan adalah koridor T11 jurusan Bundaran Senayan – Poris Plawad.
Berangkat dari Manggarai ke Supermal Karawaci
  • Dari Manggarai, saya naik bus koridor 6M (Manggarai – Blok M) ke arah Blok M. Turun di halte Bundaran Senayan. Transit.
  • Ambil bus Transjakarta koridor T11 (Bundaran Senayan – Poris Plawad). Turun di Islamic. (Jangan kelewatan, ya. Tempat pemberhentian ini letaknya persis setelah keluar pintu tol.)
  • Dari situ, bisa ambil ojek, atau naik angkot warna putih. Oh ya, kalau mau naik angkot, harus menyeberang jalan dulu. Dan, jangan lupa tanya ke sopirnya, lewat Supermal Karawaci atau tidak. Kalau lewat, baru naik. Nanti kita akan diturunkan di depan mall.
Pulang, dari Supermal Karawaci ke Manggarai
  • Dari Supermal Karawaci, saya keluar di pintu belakang, yang lewat Sogo. Lewat di dekat kantor polisi di belakang mall. Kalau ada angkot warna putih, langsung tanya, lewat busway atau tidak. Kalau dia bilang lewat busway, naik saja.
  • Kita akan diturunkan di depan STIE Ahmad Dahlan (kalau menurut GoogleMaps). Ada gedung di seberang jalan, yang tulisannya adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (di atas) dan ITB Ahmad Dahlan (di bawah). Anggap saja itu adalah gedung yang sama. Dari angkot, saya jalan kaki menuju ke situ, dan lalu terlihatlah halte busway.
  • Nah, tinggal bayar tiket di tenda di dekat halte, terus antre deh. Nama haltenya adalah halte busway Palem Semi. Ambil bus Transjakarta koridor T11. Turun di Bundaran Senayan. Transit.
  • Dari halte busway Bundaran Senayan, tinggal naik bus koridor 6M ke arah Manggarai. Pulang, deh.
Catatan perjalanan:
Perjalanan lama karena di tol macet banget. Baik berangkat maupun pulang. Sama saja.
Pengguna jasa koridor T11 banyak banget. Jangan berharap bisa duduk, kecuali ibu hamil, bawa balita, atau lansia. Dari Bundaran Senayan saja, antrenya bisa berjubel. Di halte Palem Semi, yang antre juga berjubel.
Kalau mau duduk, dari Jakarta (ambil di Bundaran Senayan atau Slipi) lebih baik ambil bus biasa saja jurusan Poris Plawad, turun di Islamic. Sedangkan pulangnya, kalau juga mau duduk mendingan ambil angkot putih tadi, tapi minta turun di pintu tol untuk ambil bus ke Jakarta. Kita bisa pilih bus ke arah Jakarta yang kebetulan lagi ada di situ. Cuma, harganya memang beda dengan bus Transjakarta yang hanya Rp 3.500,-
Yak, begitulah pengalaman saya ke Supermal Karawaci naik bus Transjakarta.

30 Komentar:

  1. Waktu di Jakarta saya suka naik Trans Jakarta ini karena murah banget. Hehehe... Tapi belum pernah ke Karawaci. Seringnya cuma rute Benhil - Tosari atau JCC - Podomoro city. Naik TJ buat ngemall. Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karawaci memang jauh banget, Kak. Kalau nggak ada keperluan khusus, saya mikir seratus kali untuk kemari.

      Hapus
    2. 😁👌
      Mba Dyah
      Thanks infonya 🙏

      Hapus
  2. makasih sharingnya mbak, di beberapa halte memang padat merayap mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... lewat tol sih. Tol kebon jeruk memang nggak ada matinya.

      Hapus
  3. Wah, mbak Dyah tinggal Jakarta Selatan? Sama dong hehe tapi aku belum pernah jalan2 jauh sendirian itu. Ke Supermal Karawaci hhhm... agak berliku juga ya prosesnya. Mungkin karena belum pernah. Tapi kalau seperti mbak udah yakin ga nyasar hahaha :) TFS mantaaafff :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jauh... dan sayangnya nggak ada jalur kereta ke sana. Jujur sih, kalau nggak terpaksa, nggak bakalan saya ke sana.

      Hapus
  4. saluut, jauuh banget soalnyaaa :). Dulu aku sempet tinggal di islamic village. tp dulu mah rute trans j blm sepanjang skr. jd tiap ke jkt naik taxi wkwkwkwk... soalnya ga berani naik bis yg biasa itu.. :D. maklum blm terlalu tau jalan jkt waktu itu :D.

    skr mah memang selalu macet yaaa tol ke karawaci :(. makin banyak sepertinya yg tinggal di daerah sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, Kak... tol kebon jeruk itu nggak ada matinya. Masa tiap lewat situ selalu macet.

      Hapus
  5. Sebagai orang desa..yang jauh dari ibukota, jadi pengen merasakan naik bis transjakarta yg terkenal ini. Cuma bisa lihat dari tivi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, Kak. Siapa tahu suatu saat ada kesempatan mencoba Transjakarta.

      Hapus
  6. saya dulu malah dari Lebak Bulus mau ke Beswestern Hive malah kebablasen sampe jakarta barat, maklum malam malam..harusnya berhenti di halte malah bablas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah, malam-malam gitu kalau nyasar serem juga.

      Hapus
  7. Kalo saya lg ke jakarta saya kontak yah.. kita keliling naik transjakarta hehehe

    BalasHapus
  8. nice sharing info kak! makasiih,, sukses selalu :)

    BalasHapus
  9. Mhn info doong...
    Kalau mau lanjut ke Sukabakti/Parigi Curug, sebaiknya turun dimana ya utk nyambung dg Grab Car? Hatur nuhun🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turun di Islamic saja, Kak. Kayaknya itu titik paling dekat, deh.

      Hapus
  10. Heran... Sd hari ini tidak ada bus nya lagi. Lenyap ditelan bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek akun Twitter resmi Transjakarta @PT_Transjakarta deh. Di situ setiap hari mereka mengumumkan koridor mana saja yang buka hari itu.

      Hapus
  11. Klo dari karawaci ke patung pancoran ada gak yah barang kali ada yg tau??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sih bisa naik Transjakarta T11 turun di Slipi Petamburan terus nyambung bus Transjakarta koridor 9, turun di Pancoran Tugu. Akan tetapi, di kondisi pandemi, T11 tidak beroperasi. Mendingan cek JR Connexion Lippo Village, deh. Kalau beroperasi, bisa naik bis yang rutenya ke arah Gatot Subroto. Dari situ tinggal naik bus ke arah Pancoran sebentar.

      Hapus
  12. berita yang bermanfaat tentang yang tidak tau naik bus, artikel ini bermanfaat

    BalasHapus
  13. Kalo ke kampung Binong, Curug, Tangerang naik apa ya kak..dari sekitar Jl Raya Bogor Jakarta Timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Kak, saya nggak pernah ke Kampung Binong. Tapi kalau dari sekitaran Kampung Rambutan mau ke daerah Karawaci, bisa naik busway sih. Dari Kampung Rambutan, ambil rute 7B ke arah Blok M. Dari Blok M transit (jangan lupa bilang ke petugas kalau mau transit), pindah platform dan ambil rute 1 jurusan Kota/Harmoni. Turun di Bundaran Senayan. Dari situ, ambil T11 jurusan Poris Plawad. Turun di Islamic. Dari situ tanya ama orang setempat untuk angkot ke tujuannya ya.

      Hapus
  14. Kalo ke Binong dari Jakarta naik AC 34 turun di islamic Karawaci lalu naik angkot putih yg ke arah Binong, ada kampung Binong ada perumahan Binong

    BalasHapus