27 Juni 2020

Waktu lihat-lihat foto-foto jalan-jalan tahun lalu, baru nyadar kalau saya belum pernah menuliskan perjalanan saya ke Singapura di bulan Agustus tahun 2019 yang lalu. Daripada foto-fotonya mubazir, lebih baik saya tuliskan saja pengalaman saya ke Singapura di blog ini. Walaupun telat setahun, nggak apa-apa lah ya.

Karena perjalanan ini sudah dilakukan di tahun lalu, jadi tidak ada kendala terkait dengan wabah Covid-19. Pada saat tulisan ini dibuat, negara Singapura sedang melakukan pembatasan terhadap pendatang akibat pandemi tersebut, sehingga tidak ada turis yang dapat masuk ke sana. Semoga saja pandemi segera berakhir dan kita bisa jalan-jalan lagi.

Foto dulu di depan lambang Universal Studios Singapore.

Saya jalan-jalan ke Singapura bersama dengan adik saya dan ibu saya yang usianya sudah di atas 60 tahun. Tujuan utama kami datang ke Singapura adalah untuk mengunjungi Universal Studios Singapore (USS).

Kami tiba di Singapura sekitar jam 8 pagi. Saya sudah nggak ingat jam berapa pesawat kami berangkat dari Jakarta, yang jelas saya menyimpan foto adik saya membeli kopi di bandara Soekarno-Hatta yang diambil sekitar jam 4 pagi kurang. Lumayan juga, pagi-pagi sudah mondar-mandir di bandara.

Di Singapura, setelah melewati imigrasi, kami bergegas menuju ke stasiun MRT untuk naik kereta menuju ke kota. Untuk naik kereta, kita harus beli tiket MRT atau beli kartu isi ulang EZ-Link. Karena saya dan adik saya memang sudah punya kartu EZ-Link, jadi ibu saya ikutan beli kartu EZ-Link. Lumayan lho, kalau beli kartu begini, jadi kalau kita suatu saat nanti ke Singapura lagi, ya tinggal dibawa saja kartunya dan diisi ulang. Kalau nggak mau dibawa pulang, bisa direfund di bandara.

Setelah punya kartu EZ-Link, kami bertiga lalu tap in di gate masuk stasiun dan menunggu kereta di peron. Karena kami berencana untuk langsung ke Universal Studios, maka kami naik kereta ke stasiun HarbourFront. Tidak sulit, kok. Dari stasiun di bandara, kita pasti akan turun di stasiun Tanah Merah. Dari situ, ambil kereta ke arah Tuas Link, dan transit di stasiun Outram Park. Untuk selanjutnya, tinggal cari kereta yang menuju ke stasiun HarbourFront. Stasiun HarbourFront adalah stasiun MRT yang paling dekat dengan Universal Studios.

Jalan kaki di Sentosa Boardwalk asyik juga.

Universal Studios Singapore terletak di Sentosa Island. Untuk menyeberang ke pulau tersebut, ada beberapa pilihan, dimana dua pilihan yang paling umum bagi turis Indonesia adalah naik kereta Sentosa Express atau jalan kaki lewat Sentosa Boardwalk. Baik mau naik kereta atau jalan kaki, kita pasti harus melewati Vivo City Mall. Jadi, waktu keluar dari stasiun MRT, kita pilih yang keluarnya ke arah VivoCity. Kalau naik kereta, kita harus naik ke stasiun Sentosa Express di lantai 3. Kalau mau jalan kaki, ya tinggal keluar gedung saja. Tiket naik kereta Sentosa Express adalah SGD 4 per orang, sementara tiket masuk Sentosa Island kalau jalan kaki adalah SGD 1 per orang. Pembayaran semuanya bisa pakai kartu EZ-Link.

Alternatif cara lain untuk pergi ke Sentosa Island adalah menggunakan shuttle bus, mobil pribadi atau mobil sewa, naik taksi, atau naik kereta gantung alias cable car. Tapi saya nggak pernah mencoba semua cara ini. Kereta gantung jelas bukan pilihan buat turis backpacker karena harganya lebih mahal dari harga makan siang di McDonald’s.

Karena kami yakin bakalan agak lama di USS, jadi kami bertiga makan dulu di food court di lantai bawah VivoCity. Pilihan makan bervariasi, jadi jangan khawatir kalau ada pantangan tertentu. Saya lihat, ada banyak keluarga Indonesia yang juga makan di sini. Di sini bayar ketika beli, dan kadang antrenya lumayan panjang, terutama untuk penjual minuman.

Keluar dari VivoCity, kami langsung jalan kaki menuju ke Sentosa Island melewati Sentosa Boardwalk. Sentosa Boardwalk sebenarnya adalah jembatan penghubung antara mainland dengan Sentosa Island. Desainnya unik, dibuat seperti jembatan kayu. Jangan khawatir kepanasan, karena jembatan ini ada atapnya. Jembatan ini luas jadi bisa menampung banyak orang.

Buat yang membawa keluarga dengan kursi roda, tidak perlu khawatir untuk lewat Sentosa Boardwalk karena landai. Selain itu, ada travelator alias moving walkways. Jadi sebenarnya nggak terlalu capek untuk jalan kaki di sini. Jalan kaki santai dari VivoCity sampai ke gate tempat tap EZ-Link untuk masuk ke Sentosa Island, kami hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Itu pakai acara berhenti di sana-sini untuk foto-foto, ya.

Begitu masuk ke Sentosa Island, kami langsung menuju ke Universal Studios. Sudah hampir jam 11 siang, tapi untungnya cuaca tidak terlalu panas. Terlihat orang-orang antre beli tiket. Kami sudah beli tiketnya duluan lewat Traveloka, jadi bisa langsung masuk saja. Buat catatan, di tahun 2013, saya pernah beli tiket masuk USS langsung lewat website resminya dan kebetulan dapat paket diskon tiket Universal Studios + S.E.A Aquarium untuk satu hari. Kalau ada rencana ke USS, saran saya, beli tiket online saja. Jangan beli di tempat, supaya bebas antre.

Battlestar Galactica yang antreannya selalu panjang.

Begitu masuk ke dalam USS, kami langsung disambut oleh jajaran bangunan cantik yang merupakan toko-toko pernak-pernik dan cafe. Tentunya kami cuma lenggang kangkung di depannya sambil sesekali foto-foto. Kami nggak masuk ke toko ataupun cafe di situ. Kami sengaja sudah makan duluan di VivoCity biar nggak lapar mata jajan di lokasi, hehehe ...

Wahana yang populer di sini biasanya yang masuk dalam kategori Ride alias wahana yang bisa dinaiki semacam roller coaster. Wahana yang paling dicintai oleh para thrill seeker adalah Battlestar Galactica yang pada dasarnya adalah roller coaster dengan kecepatan tinggi dan melewati loop atau putaran 360°. Tentunya saya tidak naik ini, karena antreannya lumayan panjang dan kami memang tidak berminat untuk naik wahana yang terlalu memicu adrenalin.

Kebetulan, kami semua sama-sama tidak tertarik dengan wahana yang sangat memacu adrenalin. Jadi, waktu di Univesal Studios Singapura kami lebih banyak masuk wahana yang ringan atau bahkan untuk anak-anak. Pokoknya yang family-friendly gitu, deh.

Karena kami datangnya waktu weekend, jadi pengunjungnya lumayan banyak. Beberapa wahana tipe Ride yang populer antrenya lumayan panjang, jadi kami harus sabar. Untungnya ibu saya fisiknya sehat, jadi antre setengah jam berdiri juga nggak masalah untuk dia.

Kami naik Transformers The Ride: The Ultimate 3D Battle, dimana kita masuk ke dalam kereta di rel khusus dan masuk ke dalam ruangan yang seluruh sisinya merupakan layar 3D ukuran raksasa. Wahana yang bisa dinaiki oleh segala usia ini (kecuali dengan gangguan jantung dan gangguan lain yang tidak boleh dikagetkan oleh goncangan atau suara keras) relatif aman karena tingkat kemiringan keretanya masih wajar.

Selain Transformer the Ride, kami juga ke tiga wahana Show alias tontonan, yaitu Lights, Camera, Action!™ Hosted by Steven Spielberg, WaterWorld™, dan Shrek 4-D Adventure. Di kedua wahana ini, pengunjung cukup berdiri atau duduk dan menonton suatu pertunjukan.

Di Lights, Camera, Action!, kami berdiri sambil menonton suatu set film yang menyuguhkan adegan sebuah gudang di tepi laut yang hancur diserang badai dan kemudian secara otomatis memperbaiki diri sendiri saat adegannya selesai.

Sedangkan di WaterWorld, kami menonton suatu drama action dengan setting film Waterworld yang sempat populer di tahun 1995. Buat yang ingin nonton WaterWorld, kalau nggak siap jas hujan atau baju ganti, jangan coba-coba duduk di barisan depan ya. Soalnya, salah satu bagian dari acara interaktifnya adalah acara siram-siraman air dengan pengunjung di beberapa lapis barisan depan.

Menonton adegan action di WaterWorld™.

Shrek 4-D Adventure adalah film yang diputar di bioskop 4-D dimana kursinya bisa bergerak, dan ada semprotan air atau udara ke kita sesuai dengan adegan di film. Film Shrek khusus bioskop 4-D ini adalah film segala usia dan pasti disukai oleh anak-anak. Kalau bawa keluarga besar, nggak rugilah antre setengah jam di sini.

Selain wahana-wahana yang disebutkan di atas, kami juga menemui hiburan yang dilaksanakan di jalan. Ada acara musik live, ada tarian yang melibatkan tokoh-tokoh film Madagascar, dan ada pertunjukkan tokoh-tokoh Hollywood dimana pengunjung bisa foto bareng dengan, misalnya, Marilyn Monroe, Bumblebee dari Transformer, dan T-Rex dari Jurassic Park. Kalau datang kemari dan penasaran mau foto-foto dengan tokoh-tokoh ini, jangan lupa cek jadwal kegiatannya.

Kami betiga jalan-jalan keliling USS dan banyak foto-foto bareng, sekadar menghibur diri. Kami bisa juga duduk di satu titik dan mengobrol bareng. Jalan-jalan di USS memang menjadi hiburan tersendiri, karena rasanya seperti menjauh sesaat dari rutinitas sehari-hari.

Buat yang suka foto-foto, pasti puas banget seharian jalan-jalan di USS karena ada banyak tempat foto-foto yang instagramable. Sampai tempat antrean wahana saja juga bisa jadi tempat foto-foto. Sekitar jam 6 sore, kami keluar USS dan berjalan keluar Sentosa Island melewati Sentosa Boardwalk. Selanjutnya kami naik MRT menuju ke hotel.

Foto-foto dulu di Universal Studios Singapore sebelum ke hotel.