29 Mei 2016

Peta Wisata Kabupaten Kuningan di dinding Museum Purbakala Cipari. 
Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, liburan yang lalu, saya dan teman saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke daerah Kuningan. Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memang banyak dikenal sebagai tempat wisata, terutama wisata air dan wisata alam. Di sini ada beberapa tempat pemandian, termasuk pemandian air panas. Tapi, berhubung yang jalan ini bukan Shizuka pacarnya Nobita (Pernah menonton film Doraemon kan, ya?), jadi tujuan kami jalan-jalan ke Kuningan bukan cuma mandi ... eh, wisata air. Ada tempat wisata unik lain yang juga kami kunjungi.
Kalau berbicara soal tempat wisata di sekitar Kuningan, mau tidak mau kita tidak hanya berbicara tentang obyek wisata di sekitar kota Kuningan (terutama daerah Cigugur) namun juga obyek wisata di dekat perbatasan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon (sekitar Cilimus). Disarankan untuk buka peta kalau mau membuat itinerary alias jadwal perjalanan, karena kedua daerah yang padat kawasan wisata ini letaknya lumayan berjauhan.
Terapi ikan - Salah satu wisata populer di Kuningan.
Tempat wisata yang termasuk di sekitaran Cilimus antara lain Museum Linggarjati, Obyek Wisata Cibulan, Curug Sidomba, Pemandian Sangkanhurip, dan Desa Wisata Sitonjul. Tempat wisata di sekitaran Cigugur antara lain Taman Purbakala Cipari, Terapi Ikan Cigugur, Gua Maria Sawer Rahmat, Curug Landung, Cagar Budaya Nasional Paseban Tri Panca Tunggal, Bumi Perkemahan Palutungan, dan Waduk Darma. Kalau diambil rata-rata, jarak antara area wisata di Cilimus ke area wisata di Cigugur sekitar satu jam perjalanan dengan mobil. Kalau pakai kendaraan pribadi, lebih baik, satu hari keliling sekitaran Cilimus, satu hari berikutnya muter-muter di sekitaran Cigugur. Tempat penginapan sebaiknya dipilih yang berdekatan dengan tujuan wisata utama/favorit.
Nah ... berhubung saya pengguna kendaraan umum. Jadi alur perjalanannya agak unik. Area Cilimus letaknya separuh perjalanan Cirebon – Kuningan. Jadi, kalau orang mau mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di area Cigugur, dia pasti akan melewati Jl. Raya Cilimus. Oleh sebab itu, kami mengunjungi tempat wisata di sekitaran Cilimus di tengah perjalanan keberangkatan dari dan perjalanan kepulangan menuju Cirebon.
Tugu di dekat Taman Kota, Kuningan. Ada banyak penginapan di dekat sini.
Gara-gara keterlambatan kereta, cuaca yang buruk, dan juga ada hal-hal lain yang tak terduga, obyek wisata di sekitaran Cilimus yang kami kunjungi tidak banyak. Selain itu, karena keterbatasan waktu, kami hanya menginap semalam di Kuningan. Jadinya, jadwal perjalanan kami cukup singkat.
Tempat-tempat yang kami kunjungi:
Hari 1
  • Dalam perjalanan dari Cirebon menuju Kuningan : Obyek Wisata Cibulan
  • Makan malam di Taman Kota Kuningan
  • Menginap di Cigugur, Kuningan

Hari 2
  • Jalan-jalan di sekitaran Kuningan (Cigugur): Gua Maria Sawer Rahmat, Taman Purbakala Cipari, Cagar Budaya Nasional Paseban Tri Panca Tunggal
  • Dalam perjalanan dari Kuningan menuju Cirebon : Museum Linggarjati

Kalau berangkat dari Cirebon pagi, dan cuacanya bagus, bisa lebih banyak lagi tempat wisata yang dikunjungi.
Petunjuk arah menuju parkiran di area Gua Maria Sawer Rahmat.
Di artikel-artikel selanjutnya, saya akan membahas satu-satu tempat wisata yang dikunjungi.

(Bersambung)

0 Komentar:

Posting Komentar