14 Mei 2016

Sukabumi merupakan salah satu kota dengan luas wilayah terkecil di Provinsi Jawa Barat. Terletak di bawah kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, kota ini berada di ketinggian 584 meter di atas permukaan air laut. Dari Kota Jakarta, Kota Sukabumi berjarak sekitar 120 km ke arah selatan, dan dari Kota Bandung sekitar 96 km ke arah barat. Kota Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi. Mengingat jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, sudah sewajarnya kalau Kota Sukabumi menjadi salah satu tujuan weekend getaway untuk penduduk ibukota.

Alternatif transportasi ke Sukabumi dari Jakarta juga lumayan banyak: bisa pakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kendaraan umum yang tersedia juga banyak, mulai dari mobil travel, kendaraan omprengan (ada, lho!), bus, kereta api, bahkan angkot (asal rela sambung-menyambung di beberapa titik). Kalau mau naik kereta api, bisa naik KA Pangrango atau KA Sliwangi dari stasiun Bogor (jadi harus jalan-jalan ke Bogor dulu yah).
Walaupun Kota Sukabumi termasuk kota terkecil, namun ada banyak tempat yang patut dikunjungi di saat liburan. Sebagai kota yang berada di kaki gunung, sudah pasti wisata alamnya menjadi primadona. Selain melihat pemandangan pegunungan dan hutan, wisatawan juga bisa mengunjungi danau dan pantai yang berjarak cukup dekat dengan Kota Sukabumi. Ditambah lagi, Kota Sukabumi juga bisa menjadi tujuan wisata kuliner. Nasi uduk ungu, soto mie, surabi, bandros, bubur ayam sukabumi, mochi, dan roti priangan tradisional merupakan sebagian dari kelezatan hasil budaya Sukabumi. Selain itu, Kota Sukabumi juga bisa menjadi tujuan wisata belanja, wisata hiburan (jangan berpikir yang aneh-aneh yah!), wisata kesenian, hingga wisata pendidikan.
Berikut beberapa tempat wisata yang bisa menjadi referensi liburan untuk melepaskan semua penat yang ada.

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar adalah kampung adat yang penduduk di dalamnya merupakan penduduk yang sudah tua atau sesepuh. Oleh karena itu, masyarakat di sana sering disebut dengan Masyarakat Kasepuhan. Kampung Ciptagelar berada di Desa Sirnaresmi dan bisa ditempuh dengan jarak sekitar 103 km dari pusat Kota Sukabumi. Dulu masyarakat di kampung ini diberi nama Masyarakat Perbu, namun seiring berjalannya waktu berubah nama menjadi Kasepuhan.
Awalnya kampung ini bernama Kampung Ciptarasa yang berada di Desa Sirnarasa. Kemudian kampung ini berpindah ke Desa Sirnaresmi dan berubah nama menjadi Kampung Ciptagelar. Kepindahan kampung ini karena adanya wangsit dari para leluhur. Menurut catatan terdahulu, kampung ini telah berpindah-pindah hingga mencapai 18 kali.
Masyarakat di sini masih memakai adat istiadat yang masih tua atau kolot. Jika Anda mengunjungi Kampung Ciptagelar ini Anda akan menjadi banyak tahu mengenai budaya yang ada di sini, Anda bisa bertanya-tanya seputar kehidupan Masyarakat Kasepuhan dan juga melihat rumah adat yang ada di sana.
Sumber: www.republika.co.id

Situ Sukarame

Situ Sukarame merupakan sebuah danau yang airnya berasal dari 7 sungai yang terbendung hingga membentuk danau indah ini. Tujuh sungai tersebut adalah Sungai Cikahuripan, sungai Cisela, Sungai Cisalada, Sungai Citaman, Sungai Cimaci, Sungai Cisarandi, dan sungai Cipangelah. Panorama di sekitar Situ Sukarame sangat indah dan sangat beragam karena letak danau ini berada di antara perkebunan teh, hutan pinus dan hutan damar. Situ Sukarame berada di Desa Parakansalak, di mana objek wisata ini jauh dari keramaian sehingga Anda bisa dengan tenang menikmati keindahan alamnya dan membuang jauh-jauh pikiran jenuh Anda.
Situ Sukarame merupakan habitat dari berbagai jenis ikan sehingga tak heran kawasan ini dijadikan salah satu tempat pemancing bagi yang memang hobi memancing. Luas Situ Sukarame ini kira-kira adalah 20 hektar. Di sekitar Situ Sukarame juga tak jarang banyak yang dijumpai kegiatan berkemah, baik oleh sekolah-sekolah, kelompok pramuka, maupun komunitas lain yang berniat untuk berkemah di tempat ini. Terdapat permainan yang menantang Anda yaitu flying fox dan juga berselancar melalui sebuah tali panjang yang melintasi Situ Sukarame.
Fasilitas yang disediakan di Situ Sukarame lumayan baik, mulai dari pondok-pondok di pinggir situ untuk Anda beristirahat, bersantai maupun mengobrol bersama dengan teman ataupun keluarga, dan ada juga mushollah, toilet, serta lahan parkir yang luas. Di sana juga terdapat sangat banyak warung-warung yang menyediakan beragam makanan yang bisa Anda cicipi. Jadi, Anda tidak usah kebingungan untuk mencari makanan ketika perut sudah mulai keroncongan.
Harga tiket masuk untuk melihat dan menikmati pemandangan sekaligus wahana permainan yang ada di dalamnya cukup murah, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 per orang saja – itu sudah mencangkup semuanya.
Sumber: www.artikelsukabumi.blogspot.com

Pantai Cimaja

Siapa yang dari Anda menyukai wisata pantai? Jika Anda berkunjung ke Sukabumi, Anda wajib untuk mengunjungi Pantai Cimaja. Pantai Cimaja ini mempunyai ombak yang cukup kuat sehingga di pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk dilakukannya kegiatan surfing. Bagi Anda yang suka berselancar, saatnya Anda melatih kemampuan kembali dan mencoba menaklukkan ombak yang ada di Pantai Cimaja ini. Biasanya kegiatan surfing banyak dilakukan di bulan Mei-Oktober, pada pagi atau sore hari.
Pemandangan di pantai ini sangat indah. Alunan ombak yang terdengar membuat pikiran terhanyut dibawanya. Di tepi pantai ada sangat banyak batu-batu bertebaran dan Anda harus berhati-hati ketika hendak berjalan jika tidak mau kaki Anda terluka.
Sumber: www.initempatwisata.com

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa menjadi tempat refreshing untuk Anda di Sukabumi. Setelah puas bermain ke tempat wisata, di sekitar Kota Sukabumi ada banyak tempat penginapan ataupun hotel yang bisa Anda pesan untuk tempat menginap selama Anda berlibur ke Sukabumi. Anda bisa pesan dengan mudah di Traveloka. Persiapkan diri Anda dan have fun!

0 Komentar:

Posting Komentar