26 Maret 2017

Nah, selain dua pantai yang sudah saya ceritakan sebelumnya, ada dua pantai lain yang juga saya kunjungi. Pantai-pantai yang saya kunjungi memang harus diakui memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pantas saja banyak turis asing yang bela-belain berkunjung kemari.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak terletak di bagian selatan Pulau Lombok, jadi menghadap ke arah selatan.  Pantai landai dengan pasir super putih ini ternyata terkenal di kalangan backpacker asing. Dalam perjalanan menuju ke pantai ini dari Kota Mataram, saya menemukan banyak orang asing (terutama bule) jalan-jalan naik sepeda motor. Oh ya, jalanan menuju ke pantai ini kurang terawat, banyak bagian yang bolong-bolong. Jalan masuk ke pantainya bahkan rusak parah dan tergenang air karena habis hujan. Betul-betul harus ekstra hati-hati kalau mau kemari.
Banyak yang menyewakan papan surfing.
Tapi, setelah melewati perjalanan yang melelahkan, semuanya itu terbayarkan saat tiba di bibir pantai. Pantai Selong Belanak memiliki pantai yang landai, berpasir putih nan halus, dan di kejaukan terlihat bukit-bukit berwarna hijau. Di lepas pantai, terlihat kapal-kapal nelayan. Benar-benar pantai dengan pemandangan indah!
Di sini ada banyak orang yang menyewakan surfboard. Bahkan ada yang menawarkan kursus surfing kepada kami. Di sepanjang pantai ada kursi-kursi pantai, lengkap dengan payungnya, untuk bersantai. Karena kami cuma duduk sebentar terus lebih banyak jalan-jalan buat foto-foto, tidak ada yang menawari kami harga sewa per kursi. Jadi, jangan tanya harga sewa kursinya berapa.
Bisa berenang bebas di sini!
Kalau datang ke sini, jangan ragu-ragu untuk main-main sampai agak ke tengah. Karena topografi pantainya yang super landai dan posisinya di teluk, ombaknya tidak terlalu besar dan aman untuk berenang. Di tengah laut ada banyak kapal nelayan. Jadi, selama tidak terlalu dekat dengan kapal-kapal nelayan itu, harusnya aman. Cuma, waktu saya ke sana, kami cuma punya waktu setengah jam untuk muter-muterin pantai – jadi nggak mungkin berenang.

Pantai Kuta

Pantai Kuta juga dikenal sebagai Pantai Merica karena pasirnya berbentuk seperti merica. Pantai Kuta juga memamerkan keindahan laut, namun dengan tambahan ornamen seperti batu-batu dan bukit karang yang bisa menjadi aksen tambahan kalau mau selfie di sini. Pantai Kuta jauh lebih ramai daripada Pantai Selong Belanak. Mungkin jalanan di sekitaran sini bagus dan ada banyak hotel. Jalan dari sini ke Bandara bagus banget, jadi memang cocok untuk menjadi tujuan wisata turis yang nggak suka ribet.
Pasir seperti merica.
Pantai Kuta adalah teluk yang landai. Jadi, ombak di sini juga tidak terlalu besar. Namun bedanya, di sekitaran sini tidak disarankan untuk berenang sampai ke tengah. Jadi, cukup basah-basahan di tepi pantai saja. Di sini ada karang yang lumayan tinggi, dimana kita bisa naik ke atas untuk mendapatkan view yang lebih luas. Asal berani ya, soalnya tempatnya sempit dan rebutan banyak orang.
Oh ya, di Pantai Kuta ada banyak pedagang pernak-pernik dan kain yang ganas-ganas. Mereka dengan ulet mengerubungi dan bahkan memaksa turis untuk membeli. Kalau memang tidak minat untuk beli, sangat dsarankan untuk segera menuju ke daerah berair dan foto-foto di sana.
Pantai Kuta yang cantik!

Nah, itulah dua pantai yang juga saya kunjungi di Pulau Lombok. Pulau Lombok juga masih menyimpan tempat-tempat wisata yang nggak kalah kerennya. Kalau suatu saat saya pergi ke Lombok lagi, saya ingin jalan-jalan ke tempat-tempat cantik lainnya!

(Selesai.)

2 Komentar:

  1. Pernah ke Kuta Lombok, tapi waktunya juga cuma sebentar saat itu.. pdhl pgn kursus surfing huhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya ... masih harus kembali ke Kuta Lombok lagi ... :D

      Hapus