10 April 2017

Saat ditanya mengenai taman kota di Jakarta, sebagian besar orang di Jakarta akan menyebutkan nama taman-taman kota di sekitaran Menteng. Taman Suropati atau Taman Situ Lembang adalah nama taman kota Jakarta yang cukup dikenal. Padahal, taman kota tidak hanya ada di daerah Menteng, lho.
Di sekitaran Kebayoran Baru, bisa dikatakan masih berdekatan dengan area Blok M, juga terdapat banyak taman-taman kota yang nggak kalah seru. Memang, kalau dari pengelolaan kebersihan dan penataan keindahan, area Menteng masih lebih bagus dibandingkan sekitaran Kebayoran Baru. Tapi bukan berarti taman-taman ini tidak layak dikunjungi. Berikut beberapa taman kota yang ada di dekat area Blok M.

Taman Wisata Martha Tiahahu

Taman yang diberi nama pejuang asal Maluku yang meninggal di usia 17 tahun saat melawan penjajahan Belanda ini terletak persis di area Terminal Blok M. Letaknya tepat di sebelah pintu masuk bus menuju Terminal.
Kolam di tengah Taman Wisata Martha Tiahahu.
Taman ini memiliki sebuah kolam dan pancuran air yang tinggi – namun seingat saya pancuran ini tidak pernah berfungsi. Kolamnya sih kotor dan airnya keruh. Tapi area rumput dan tanaman di sekitaran kolam ini relatif terjaga kebersihannya. Sayang sekali air kolam yang keruh membuat taman ini terkesan sangat kotor. Padahal, cuma air kolamnya saja yang kotor. (Ini beneran, daerah rumputnya sebenarnya asri.)
Di dekat taman wisata ini ada rumah kompos, tempat sampah organik dipendam di dalam tanah dan dijadikan kompos. Mungkin ini adalah tempat “daur ulang” sampah daun dari Taman Martha Tiahahu. Sayang sekali rumah kompos yang kecil ini tidak terkesan serius. Malahan, hanya seperti papan nama tanpa penjelasan lebih lanjut.
Oh ya, sebenarnya taman ini enak untuk duduk-duduk. Dan memang, banyak mbak-mbak dan mas-mas yang kerja di sekitaran terminal yang terlihat duduk-duduk di sini di sore hari. Hanya saja, pembangunan jalan layang di depan taman ini memang membuat udara terasa kotor. Apalagi kalau sedang ada kegiatan yang melihatkan alat-alat berat.
Bagian hijau dari  Taman Martha Tiahahu.
Buat yang mau ke Taman Wisata Martha Tiahahu dengan kendaraan umum, cukup naik kendaraan apapun yang menuju Blok M. Turun saja di Terminal Blok M, terus jalan kaki menuju ke Plaza Blok M. Nah, di depan Plaza Blok M, persis sebelum keluar kompleks terminal, tengok ke kanan. Di situ akan terlihat pepohonan dan rumput hijau. Itulah Taman Wisata Martha Tiahahu. Transjakarta Koridor 1 jurusan Blok M juga bisa membawa kita kemari.

Taman Ayodya

Taman yang terletak persis di sebelah Gereja Katholik Santo Yohanes Penginjil ini, dulunya dikenal sebagai taman tempat mesum. Tapi, sekitar beberapa tahun terakhir, taman ini dirombak total dan dijadikan indah seperti keadaannya sekarang. Sampai sekarang, konon kabarnya tempat ini sering menjadi tempat pacaran anak-anak SMA. Tapi berhubung saya nggak pernah ke taman di sore atau malam hari, ya nggak tahu juga kebenaran legenda ini.
Taman Ayodya yang cantik.
Taman Ayodya sering menjadi tempat kegiatan promosi, baik oleh produk-produk sehari-hari ataupun oleh lembaga swadaya masyarakat. Tempatnya yang fotogenik membuat tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi kegiatan masyarakat.
Taman Ayodya juga punya kolam di tengahnya. Air kolamnya bisa dibilang cukup bersih lah ... Yang jelas tidak bau. Di sini ada banyak tempat duduk, jadi memang cocok banget untuk bersantai atau nongkrong-nongkrong sambuil bengong. Kadang-kadang di pinggiran taman ada penjual minuman keliling. Lumayan buat menemani duduk-duduk.
Sisi lain Taman Ayodya.
Untuk yang berminat ke Taman Ayodya dengan kendaraan umum, bisa menggunakan beberapa pilihan, antara lain Kopaja S614 (Pasar Minggu – Cipulir) atau MetroMini S72 (Blok M – Lebak Bulus). Tapi sebetulnya, jalan kaki dari Terminal Blok M Cuma sekitar 10 menit lho. Cukup jalan ke arah Plaza Blok M, terus melewati jalan di sampingnya (depan SMAN 6 Jakarta). Tinggal lurus ...  saja. Nanti akan sampai ke Taman Ayodya.

Taman Langsat

Taman Langsat adalah taman yang letaknya persis di seberang jalan kalau dari Taman Barito. Taman ini juga ramai pengunjung di akhir pekan. Taman Langsat, menurut Wikipedia, memiliki luas tanah 3,6 hektar. Taman yang cukup luas ini tidak hanya memiliki pohon-pohon rimbun dan bunga-bunga yang cantik. Di sini juga ada kolam dan sungai, dan juga jogging track serta alat kebugaran outdoor. Taman yang nama lengkapnya Taman Lansia Langsat ini nampaknya memang dibuat untuk menjadi tempat olah raga dan hiburan. Dibandingkan dengan dua taman lain yang sudah saya bahas, taman ini bisa dikatakan memiliki fasilitas yang lebih lengkap.
Tempat kebuigaran outdoor di Taman Langsat.
Di tengah taman ini ada sungai kecil, yang membelah taman ini. Di tengah taman, sungai ini membentuk semacam danau kecil yang sering dipakai memancing penduduk sekitar. Kalau difoto, sumpah tempat ini okeh banget. Buat tempat prewedding juga cocok. Tapi sayangnya sungainya kurang bersih karena ada sampah yang tersangkut di  situ. Di beberapa bagian, sungainya juga berbau. Sayang ya! Padahal, koleksi tanaman di sini bisa dikatakan cukup bagus untuk ukuran taman di tengah kota Jakarta. Kalau foto-foto di sini, orang nggak akan mengira kalau tempat ini persis di tengah kota!
Waktu saya berkunjung kemari, sedang ada yang foto-foto buat prewedding. Ada juga pengunjung lain yang memang sepertinya fotografer amatir. Kebanyakan orang cuma jalan-jalan atau duduk-duduk. Tapi, ada juga yang memancing.
Siapa sangka, suasana seperti ini ada di tengah kota?
Buat yang memang ingin merasakan suasana hijau namun malas keluar kota, Taman Langsat adalah salah satu pilihan tempat wisata. Sayangnya, ada info bahwa taman ini berhantu ... Lho? Yah, kalau buat saya, makanya kalau ke tempat beginian, ya pagi atau siang hari saja. Nggak usah pakai acara uji nyali datang ke sini jam 12 malam. Kalau pagi atau siang, sepanjang pengelihatan saya, baik-baik saja kok.

Nah, selain taman-taman yang sudah disebutkan di atas, ada juga beberapa taman lain yang juga ada di sekitaran Blok M. Tunggu artikel berikutnya yah.

0 Komentar:

Posting Komentar