14 Mei 2017

Gerbang masuk RTH dan RPTRA Kalijodo
Sebetulnya, awalnya saya tidak bermaksud menuju ke Kalijodo. Saat saya tiba di stasiun kereta api, saya bermaksud untuk ke arah Jatinegara, untuk mengunjungi Stasiun Cipinang (tulisan sebelum artikel ini). Akan tetapi, alangkah kagetnya saya saat menemukan jurusan Depok – Angke di papan pemberitahuan di stasiun! Bukannya Stasiun Angke termasuk stasiun bertanda merah yang tidak melayani penumpang? Wah, dengan rasa penasaran, saya melompat masuk ke dalam kereta yang datang dan membawa saya ke Stasiun Angke. Nah, di stasiun Angke inilah saya browsing internet dan menemukan bahwa RTH dan RPTRA Kalijodo jaraknya hanya 20 menit jalan kaki dari Stasiun Angke! Sudah pasti saya langsung jalan kaki (Iya, jalan kaki!) ke Taman Kalijodo.
Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo adalah daerah umum yang dimaksudkan sebagai ruang publik tempat masyarakat beraktivitas. Hingga saat ini, kawasan Kalijodo sebenarnya masih dalam tahap pembangunan. Saat saya datang, masih terlihat ada pembangunan gedung. Namun, hal ini tidak mengurangi minat masyarakat untuk berkunjung. Tidak hanya ramai pengunjung, tempat ini juga ramai pedagang. Dari penjual pakaian, minuman, makanan, sampai penjual jam tangan bertebaran di sini.
Latihan atraksi sepeda?
Bukti kawasan ini ramah anak ditunjukkan dengan beberapa permainan anak-anak outdoor yang memang disediakan di sini. Buat remaja yang mau latihan skateboarding, sepatu roda, atau atraksi sepeda, di sini juga ada daerah yang memang dikhususkan untuk itu. Area permainan anak-anak yang lebih muda dipisahkan sehingga memudahkan orangtua untuk mengontrol anak-anaknya.
Selain permainan yang merupakan fasilitas taman, ada juga permainan anak-anak yang didatangkan oleh pihak lain, misalnya komidi putar, odong-odong, mobil kayuh, dan becak mini. Pada dasarnya, anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai permainan di sini. Tapi jangan harap ada permainan online atau komputer di sini ya ...
Di bagian belakang taman terdapat area kuliner, dimana pedagang kecil diberi tempat untuk berjualan makanan. Karena lapar, saya makan bakso isi sosis di sini. Rasanya? Ya biasa saja sih ... Yang penting ukurannya besar dan membuat kenyang. Tidak cuma keluarga muda, banyak juga muda-mudi datang kemari untuk berduaan. Tapi berduaannya di tengah keramaian, lho ya. Mungkin karena tempatnya luas dan ada tempat makannya, tempat ini menarik banyak orang untuk berkunjung.
Antre mau masuk Bus Wisata Bertingkat.
Buat yang mau berkunjung kemari, bisa naik :
  • Bus Wisata Bertingkat jurusan Balai Kota – Kalijodo. Tapi busnya jarang.
  • Feeder Busway (ukuran bus Kopaja) jurusan Rawa Buaya – Penjaringan (lewat RPTRA Kalijodo).
  • Angkot merah B02 jurusan Kota – Warung Gantung
  • Metromini B80 jurusan Kalideres – Jembatan Lima

Tidak perlu khawatir masalah keamanan, karena di sini ada banyak banget Satpol PP yang berjaga-jaga. Juga jangan khawatir kekurangan makanan dan minuman, karena ada banyak banget penjual di sini. Yang penting, tetap jaga anak-anak agar tidak berpindah tangan, eh ... maksudnya supaya aman. Juga, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Tempat bermain anak-anak.
(Selesai.)

0 Komentar:

Posting Komentar