22 Oktober 2017

(Update 07 Juli 2019: Ada perubahan jalur untuk koridor 7D. Jalurnya jadi lebih jauh, namun tetap lewat halte busway Cawang UKI. Keterangan lebih lanjut ada di bawah.)
Dari dulu saya sudah beberapa kali ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan menggunakan bus Transjakarta. Jalur yang biasanya saya gunakan adalah jalur yang memang sudah lama beroperasi, yaitu Koridor 9 Grogol – Pinang Ranti. Pilihan lainnya adalah jalur alternatif dari Koridor 9 seperti Kota – Pinang Ranti dan Bundaran Senayan – Pinang Ranti. Yang penting tujuan akhirnya Pinang Ranti.
Umumnya, orang akan turun di halte busway Garuda Taman Mini, lalu naik Angkot KWK S15A (warna merah) ke Taman Mini. Saking banyaknya orang naik angkot ini untuk pergi ke TMII, sopirnya biasanya akan menurunkan penumpangnya persis di depan gerbang masuk utama TMII (dekat Museum Purna Bhakti Pertiwi). Jadi penumpang tidak perlu banyak jalan. Atau kalau sudah tahu memang mau ke Keong Mas, tinggal bilang ke sopirnya kalau mau turun di Keong Mas. Dia akan melanjutkan perjalanan dan mengantar kita ke Pintu Gerbang III TMII, yang mana letaknya memang di belakangnya Teater Keong Mas.
Selain naik angkot, bisa juga jalan kaki. Saya pernah mencoba jalan kaki dari halte busway Garuda Taman Mini ke gerbang utama TMII. Lumayan, sekitar 35 menit. Itu sampai tempat jualan karcis masuk ya. Ntar di dalamnya masih jalan jauh lagi waktu muter-muter.
Saya pernah mencoba keluar TMII dari Pintu Gerbang II. Itu, pintu yang letaknya di bagian utara TMII. Waktu itu saya berjalan ramai-ramai. Ceritanya kami mau membuktikan omongan orang yang bilang bahwa sebetulnya halte busway Pinang Ranti lebih dekat ke TMII dibandingkan halte busway Garuda Taman Mini. Ternyata ... jalannya jauh, saudara-saudara! Sekitar setengah jam jalan kaki juga. Cuma memang, kalau kita sudah di sekitaran SnowBay Waterpark, dari pada jalan kaki ke “depan” lagi ke gerbang utama, memang terasa lebih singkat kalau langsung keluar lewat Pintu Gerbang II dan keluar masuk kampung menuju ke halte busway Pinang Ranti.
Jadi, pada intinya, Koridor 9 mengantar kita ke halte busway Garuda Taman Mini atau halte busway Pinang Ranti, tapi kita tetap harus menggunakan moda transportasi lain atau jalan kaki setengah jam menuju ke gerbang utama.
Jadi kemarin, waktu saya iseng main ke TMII, alangkah kagetnya ketika saya di sekitaran Sasana Adiguno, saya mendapatkan informasi dari petugas bahwa untuk naik Transjakarta cukup “ke gerbang utama dan jalan sekitar 5 menit” untuk menemukan bus Transjakarta. Jadi, saya lalu mengikuti petunjuk dari petugas.
Dan ternyata ... ada bus Transjakarta yang mengantar penumpang langsung ke depan gerbang TMII.
Bus Transjakarta persis di depan gerbang masuk TMII!
Kalau buka aplikasi Trafi, ternyata ada Koridor 7D yang melayani TMII – Cawang UKI. (Catatan per 7 Juli 2019: Koridor 7D menjadi TMII - Cawang Cikoko/Pancoran.) Koridor ini memang ujung akhirnya adalah Pintu Gerbang Utama TMII yang di dekatnya Museum Purna Bhakti Pertiwi. Jadi kita tidak perlu jalan jauh untuk masuk ke dalam TMII. Cuma memang jumlah armadanya tidak terlalu banyak.
Catatan tanggal 7 Juli 2019: Di tahun 2019 ini, Koridor 7D disebut di dalam aplikasi Trafi sebagai koridor TMII - Cawang Cikoko, tapi di badan bus disebut sebagai jalur TMII - Pancoran. Bingung? Saya juga. Hahaha! Jalur Koridor 7D ke arah TMII, saat ini dimulai dari Stasiun Cawang (di luar halte busway. Jadi kalau mau ambil bus, harus di pemberhentian Feeder Bus di pinggir jalan, di dekat Stasiun Cawang. Ada tenda Transjakarta di dekatnya.)
Nah, sekarang yang tinggal di Tangerang, bisa naik Commuter Line dan turun di Stasiun Cawang, terus langsung naik Koridor 7D ke TMII. Jalur baru Koridor 7D ini, kalau ke arah TMII adalah: Stasiun Cawang (pemberhentian feeder busway), halte busway BNN, halte busway Cawang UKI ... dan seterusnya sampai TMII.
Tapi kembalinya dari TMII, bus Transjakarta Koridor 7D akan lewat halte busway Cawang UKI, halte busway BNN ... lanjut sampai halte busway Tebet BUMD, dan terakhir menurunkan penumpang di sebelahnya halte busway Pancoran Tugu. Di sebelahnya, ya, jadi tidak masuk ke halte busway Pancoran Tugu.
Nah, kalau mau balik ke Stasiun Cawang, bilang saja ke petugasnya, maka penumpang akan diantar sampai ke depan Stasiun Cawang. Agak ribet ya, jadi muter jauh. Oh ya, untuk yang mau ke Stasiun Cawang dari TMII, jangan turun di halte busway Cawang Cikoko. Jalan kakinya ke Stasiun Cawang lumayan jauh, lewat bawah flyover. Pada intinya, kalau dari TMII mau lanjut naik Commuter Line, harus sabar ikut jalur Koridor 7D sampai ujung banget.
Bus Transjakarta di depan gerbang masuk TMII.
Oke, sekarang lanjut ke kisah asli saya di artikel awal, yaitu pengalaman saya naik bus Transjakarta Koridor 7D di tahun 2017.
Jadi, kemarin, saat pulang dari TMII, jadinya saya langsung ambil bus Transjakarta 7D dari gerbang utama TMII, dan turun di halte busway Cawang UKI. Sebetulnya saya mau ke sekitaran SCBD. Jadi saya harus ganti bus. Nah, karena waktu saya di sana, saya nggak lihat tanda-tanda bus Koridor 9 di layar monitor, jadinya saya ambil bus Transjakarta jurusan Kampung Melayu dan turun di BNN, terus dari situ saya ambil bus Koridor 9 untuk turun di halte busway LIPI, dan akhirnya ambil bus Koridor 6M jurusan Blok M.
Oh ya, untuk catatan ya, karena daerah UKI itu macet banget, sepertinya bus Koridor 9 Grogol – Pinang Ranti tidak berhenti di halte Cawang UKI. Seingat saya, halte Cawang UKI cuma dilewati saja (tidak berhenti) karena sudah siap-siap masuk tol. (Eh, saya nggak ketiduran di bus kan ya? Kayaknya nggak berhenti di UKI, deh.) Jadi buat yang sudah terlanjur naik jurusan Pinang Ranti dan mau langsung ke TMII, mendingan turun di halte busway BNN, terus ambil Koridor 7 arah Kampung Rambutan dan turun di halte busway Cawang UKI, lalu tunggu yang ke TMII. Tapi lama ya ... Kalau buru-buru, tetap mendingan ambil bus jurusan Pinang Ranti karena armadanya lebih banyak.
Paling tidak, ada alternatif baru ini, buat yang mau ke TMII. Bus Transjakarta Koridor 7D Cawang UKI – TMII akan mengantar langsung sampai ke gerbang masuk TMII. Lumayan kan, hemat nafas untuk jalan jauh muter-muter di dalam TMII.

58 Komentar:

  1. Sugoii....!!
    Makin keren aja transjakarta. Pengalaman tahun kemaren ke TMII,emang agak ribet karena harus nyambung pakai angkot dari pinang ranti. Tapi paling bingung pas pulangnya, akhirnya salah naik angkot terus malah kesasar sampai ke stasiun pasar minggu. 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, balik dari TMII ke Jakarta tuh dulu PR banget, karena kan ambil angkotnya harus lewat terowongan (depan Pintu Gerbang 3) untuk balik ke arah halte busway Garuda Taman Mini. (Kalau nggak salah, dulu banget pakai ganti angkot sekali.) Saya juga pernah salah ambil angkot ke arah Pasar Minggu. Makanya Koridor 7D ini membantu banget untuk balik ke arah Jakarta.

      Hapus
  2. mantap informasinya, kalo saya ke Jakarta paling suka pake ini busway.. Yah paling tidak bisa hemat lah, makasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... busway cepat dan murah. Selama rajin lihat peta dan aplikasi yang terkait dengan transportasi (misalnya Trafi),naik busway itu gampang - bisa sampai ke mana-mana.

      Hapus
  3. Jadinya mudah ya ke TMII, dapat diakses dengan Transjakarta.
    Tapi sayang, kapan lagi saya bisa ke TMII biar bisa menggunakan fasilitas Transjakarta ini. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha ... Akses ke TMII sih semakin oke. Tapi wahana dan atraksinya nggak banyak berubah dari waktu ke waktu.

      Hapus
  4. Mksih info nya, sangat bermanfaat :)��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama! Selamat jalan-jalan di TMII, ya.

      Hapus
  5. Mau tanya kak, kalo ke TMII naik busway dari arah Sunter karya yg di depan Sunter mall itu arah yg lebih dekat naik yg jurusan kemana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya malahan gak pernah ke Sunter naik busway. Hahaha.... Tanya ama petugasnya untuk cari jalan ke Cawang UKI. Kalau gak salah, Mbak Risma harus ke halte busway Sunter Kelapa Gading dulu. Baru dari sana ke Cawang UKI dan ambil bus yang ke TMII.

      Hapus
  6. Kalo dari halte taman mini ke kampung rambutan itu ad ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari gerbang Taman Mini kan? Wah, nggak ada yang langsung. Naik 7D dulu, terus transit di Cawang UKI.

      Hapus
  7. Ka pengen tanya klo dari halte pluit ke kampung rambutan itu ad ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada yang langsung, Mbak. Harus ambil jurusan Pinang Ranti atau PGC. Terus transit di BNN saja, ambil yang jurusan Kampung Rambutan.

      Hapus
  8. Kalo mao naek krl dari arah monas, bisa ga ya kak kira kira? Angkotnya apa aja? Thank youuuu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik KRL dari Monas? Hmm ... stasiun KRL yang paling dekat ya Juanda. Dari Monas sebetulnya tinggal jalan kaki sekitar 15 menit lewat belakangnya Masjid Istiqlal. Dan yang jalan kaki di jalur Monas - Stasiun Juanda banyak lho. Tapi nggak ada kendaraan umum yang langsung menghubungkan Monas dengan Stasiun Juanda.

      Kalau mau naik kendaraan umum dari Monas ke stasiun KRL, mendingan ambil Busway aja ke arah Kota, ambil KRL di Stasiun Kota. Kalau mau ke stasiun yang lain agak ribet karena harus transit.

      Hapus
  9. Ka sayakan niat hari selasa mau bawa anak jalan jalan ke TMII naik busway dr cengkareng ,Nah perginya sih sudah agak faham, Nah pulangnya ini saya takut ,,klo naik busway lagi mesti ke halte busway apa ka biar sampai cengkareng atau x deres ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya, jalur baliknya ya tinggal merunut jalur datangnya saja. Ambil buswaynya dari depan gerbang masuk utama saja, dekat museum Purna Bhakti Pertiwi. Itu nanti sampai ke Cawang UKI. Dari Cawang UKI, ambil bus ke arah Grogol (jurusan Pluit). Habis itu tinggal diteruskan ke Kalideres.

      Hapus
  10. Jadi intinya kalo dari pool pertama pluit village.. naeknya yg jurusan pinangranti trus turun dimana? Buswaynya langsung berenti percis di tmii atau perlu nyambung angkot lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ambil jurusan Pinang Ranti, turunnya di Halte Garuda Taman Mini, terus naik angkot lagi.

      Kalau mau yang persis turunnya di TMII, harus ganti bus di Cawang UKI. (Lebih ribet.)

      Hapus
  11. Kalo dari cibubur juntion ke TMII ada gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa langsung, tuh. Dari Cibubur ambil yang jurusan BKN, ya? Harus transit ke Cawang UKI dulu. Agak ribet ya, padahal kalau naik mobil tinggal lurus doang. (Agak muter dikit, sih.)

      Hapus
  12. Kak kalo dari halte tangcity naik busway jurusan apa yah buat ke TMII

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ambil Transjakarta yang ke Grogol (jurusan Senayan) atau ke Slipi (jurusan Juanda). Nah, dari sana, ambil jurusan PGC, turun di Cawang UKI. Tapi tanya petugas dulu, berhenti di situ atau tidak. Kalau nggak, ya berarti turun BNN terus ambil bus ke arah Cawang UKI. Dari Cawang UKI, ambil 7D ke TMII.

      Tapi cara yang di atas itu biasanya lama nunggu di BNN dan Cawang UKI-nya. Kalau mau cepat, dari Grogol atau Slipi, langsung ambil jurusan Pinang Ranti. Turun di halte Garuda Taman Mini. Dari situ, ambil angkot sekali ke TMII.

      Hapus
  13. kalau sudah sampai pintu 1 tmii, mau masuk ke dalamnya apakah ada transportasi lg? kan soalnya tmii luas, kynya jauh bgt klo harus jalan dr luar ke dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di dalam TMII ada bus keliling (tiket untuk dua kali naik, kalau gak salah), ada kereta yang keliling ... ada beberapa pilihan, kok. Tapi kalau ditotal-total, biayanya jadi mahal juga cuma buat transport. Mendingan jalan kaki, sekalian olah raga.

      Hapus
  14. Mau tanya,kalo dari arah tanah Abang itu rute nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Tanah Abang ke TMII ya? Ambil busway 9D jurusan Pasar Minggu. Turun di Kuningan Barat. Langsung lanjut aja, ambil sembarang busway yang ke Cawang UKI (tanya ke petugasnya ya). Dari Cawang UKI, tinggal ambil busway jurusan.TMII.

      Hapus
  15. Saya mau ke Tmi naik kereta api dari Stasiun rawa buaya saya harus berhenti dimana kah yg terdekat dari TMI ka mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. TMII jauh dari stasiun mana-mana, Kak. Kalau mau paling dekat, ya turun di Stasiun Pasar Minggu, terus naik angkot ke TMII. Angkotnya jurusan Ragunan - TMII. Ambil angkotnya jangan di depan stasiun ya, harus menyeberang dulu sampai ke pertigaan, terus cek angkot-angkot yang lewat di pertigaan - kalau perlu tanya ke orang. Angkotnya nggak sering, jadi harus sabar.

      Hapus
  16. Kalau dari Green Garden ke TMII naik busway-busway-nya gimana? Bisa ngambil yang 7D juga enggak? Terus untuk baliknya rute busway-nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Green Garden dekat Indosiar, kan ya? Ambil koridor 8 ke Harmoni, turun di Harmoni. Lanjut koridor 5C jurusan PGC, tapi turun di BNN atau Cawang UKI. Dari situ bisa ambil 7D. Kalau pulangnya, ya jalurnya dibalik aja.

      Hapus
  17. Balasan
    1. stasiun pinang ranti sama stasiaun tmii itu sma / gmn maksd nya itu udh tujuan ahr y

      Hapus
    2. Beda... Pemberhentian TMII letaknya di depan gerbang masuk TMII. Kalau halte Pinang Ranti letaknya di Jl Raya Pondok Gede, dekat Asrama Haji.

      Hapus
  18. Sy rencana mau ke tmii hr jumat dr tanjung priok klo boleh tau sy hrs naik busway atau kereta ya? Soalnya sy blm paham jkt.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik busway saja, Kak. Ambil koridor 10 tujuan PGC. Turun di Cawang UKI. Dari Halte busway Cawang UKI, ambil bus 7D, jurusan Cawang UKI - TMII.

      Hapus
  19. Saya dr ciputat mau TMII jalur Busway nya gimana yaa yg enk? Karna bawa balita juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciputatnya mana nih, Pak? Asumsinya rumah dekat UIN ya. Ambil bus pendukung Transjakarta no. S22 jurusan Ciputat - Kampung Rambutan dari depan UIN. Ini bukan Transjakarta yang bayarannya cuma 3.500 ya, saya nggak tahu berapa, tapi kayaknya harganya lebih mahal. Nah, turun di Kampung Rambutan. Dari situ, naik angkot yang berhenti di depan TMII. (Warnanya kalau nggak salah ingat oranye, tanya saja ke sopirnya.)

      Saya nggak rekomendasi naik bus Transjakarta yang jurusan TMII karena semua menuju ke tengah Jakarta, sementara dari jarak, Ciputat sebetulnya sudah nggak jauh dari TMII. Biar nggak muter-muter, paling praktis ya langsung ke Kampung Rambutan.

      Hapus
  20. Ka aku dari walikota jaktim mau ke tmii naiknya jurusan apa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dekat Pulo Gebang, ya? Pilihan paling cepat adalah ambil koridor 11 jurusan Kampung Melayu. Turun di Kampung Melayu. Terus lanjut koridor 7 ke Kampung Rambutan. Turun di Kampung Rambutan. Lanjut angkot ke TMII.

      Hapus
  21. Kalau dari harmoni ke TMII
    Ambil jurusan mana ya...maaf blm prnh soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil koridor 5C jurusan Harmoni - PGC. Turun di Cawang UKI. Dari situ, lanjut 7D jurusan TMII.

      Hapus
  22. mba, kalau dari blok m ke tmii gmn? trus brp kali bayar jadinya kalau dari blok m? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau maunya sekali bayar: Dari Blok M naik jurusan Manggarai, turun Jamsostek. Dari situ naik jurusan PGC turun BNN. Dari situ ambil jurusan TMII. Tapi itu lama banget.

      Kalau dua kali bayar: Dari Blok M naik jurusan Manggarai, turun Jamsostek. Ambil jurusan Pinang Ranti, turun di Pinang Ranti. Lanjut angkot ke gerbang TMII.

      Hapus
  23. Mau Tanya Dong Ka. Kalau Saya Mau Naik dari Slipi ke TMII. Berarti Naik yg Grogol - Pinang Ranti Kan. Turun di Halte Cawang atau BNN untuk dapat Bus 7D yg Turunnya di Gerbang ISI TMII. Pertanyaannya Dari Gerbang Masuk ke SS Water Park itu Apakah Ada Kendaraan Lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di dalam TMII ada mobil keliling, tapi saya lupa bayar berapa. Saya sih biasanya di dalam jalan kaki. Hehehe...

      Hapus
    2. Butuh Waktu Berapa Lama Ya. Kak Dari Pintu Utama ke SS waterpark Kalau Berjalan Kaki.

      Hapus
    3. Wah, saya nggak pernah menghitungnya. Dicek di GoogleMaps saja.

      Hapus
  24. Mau tanya dong kak. Kalo saya mau ke taman legenda tmii, lebih baik turun di halte tmii nya atau tmii pintu 3??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malahan belum pernah ke Taman Legenda. Itu dekatnya Keong Mas ya? Kalau emang dekat Keong Mas, mendingan turun pintu 3. Lebih dekat. Bilang ke sopir angkotnya, mau ke Keong Mas.

      Hapus
  25. Kak mau tanya dong kalo saya mau ke sasana kriya tmii naik krl dari bekasi turunnya di stasiun mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turun di Stasiun Cawang ya Kak. Dari situ, langsung cari tenda Transjakarta di pinggir jalan, tunggu saja sampai ada bus Transjakarta tujuan TMII. Nanti turunnya di pintu gerbang utama TMII.

      Hapus
  26. Kak, kalau dari ragunan ke taman mini gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, banyak jalan dan transit ya. Naik bus jurusan Dukuh Atas, turun di Kuningan Timur. Jalan kaki lewat jembatan atas ke halte Kuningan Barat. Dari situ ambil bus 9 jurusan Pinang Ranti. Kalau mau praktis, turun di Garuda Taman Mini dan lanjut naik angkot. Kalau mau yang susah sedikit, turun di BNN atau Cawang UKI dan lanjut koridor 7D. Ntar turun di depan gerbang TMII.

      Hapus
  27. ka mau tny klo teater garuda lebih deket pintu brapa? Bus 7d di cawang jadwal pagi jam brpa aja? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya jam 6 sudah ada. Saya tidak pernah ke Cawang lebih pagi dari itu. Tapi bisnya nggak banyak lho ya.
      Teater Garuda jauh dari mana-mana. Turun gerbang utama saja.

      Hapus