1 Agustus 2016

Update 14 Desember 2019: Ada jalur Transjakarta baru yang juga melewati TIM, yaitu koridor 5M (Tanah Abang - Kampung Melayu lewat Cikini).
Update 11 Juli 2018: Transjakarta Senen - Lebak Bulus disebut sebagai Koridor 6H. Waktu tulisan ini pertama kali dibuat, memang belum ada penamaan ini.

Selain mengulas tempat-tempat wisata, mulai sekarang blog www.sukasukadee.com juga akan menampilkan kisah-kisah singkat perjalanan naik bus Transjakarta ke tempat-tempat tujuan tertentu. Alasan dibuatnya kisah singkat ini adalah perkembangan pesat moda transportasi Transjakarta, dimana hampir setiap bulan ada saja jalur baru yang dibuka. Siapa tahu kisah perjalanan naik bus Transjakarta bisa menjadi salah satu referensi buat teman-teman yang sedang mencari cara untuk mencapai tempat tujuannya.
Di dalam bus Transjakarta.
Kali ini, saya akan mengulas perjalanan dari Kalideres ke Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini naik bus Transjakarta. Bus Transjakarta yang akhirnya lewat di depan TIM adalah bus (feeder ex-Kopaja) koridor 6H (Senen - Lebak Bulus). Ini jalurnya :
  • Berangkat dari halte busway Kalideres
  • Naik Transjakarta 2B jurusan Kalideres – Pulogadung
  • Transit di halte busway Senen, langsung naik ke jembatan di atas menuju ke halte yang di bawah flyover
  • Naik Transjakarta (feeder ex-Kopaja) koridor 6H jurusan Senen – Lebak Bulus
  • Turun di halte bus pengumpan Transjakarta di Cikini, depan Ibis Budget Hotel.
  • Tinggal jalan kaki sedikit, sampai deh di TIM.
Taman Ismail Marzuki.
Nah, kalau ketinggalan jurusan Pulogadung, gimana? Jangan khawatir, tinggal naik Transjakarta jurusan Harmoni. Dari situ, cari bus jurusan Pulogadung. Turun di halte busway Senen. Waktu saya mencoba ke TIM dari Kalideres (hari Sabtu tanggal 25 Juni 2016), saya dapatnya bus jurusan Harmoni, jadi saya transit dulu di Harmoni sebelum ambil bus ke Pulogadung.
Jalan raya Cikini itu satu arah. Jadi, satu-satunya cara untuk naik busway ke daerah Cikini adalah ambil bus dari Senen. Kalau dari tempat lain, tetap saja harus ke Senen dulu.
Kalau dari Lebak Bulus mau ke Taman Ismaill Marzuki? Sayang sekali bus Transjakarta dari Lebak Bulus menuju Senen tidak lewat jalan Cikini karena hanya satu arah. Busnya lewat Gondangdia. Untuk bisa turun di Cikini, terpaksa harus turun di Senen, terus ambil yang balik ke arah Lebak Bulus. Rasanya muter-muter? Kalau mau praktis, mendingan turun di dekat Tugu Tani terus jalan kaki sekitar 20 menit atau naik ojek.
Nah, untuk yang mau ke TIM dari Tanah Abang, sejak bulan November 2019 ada bus Transjakarta koridor 5M (Tanah Abang - Kampung Melayu via Cikini) yang lewat juga di depan TIM. Tapi ini bukan bus yang berhenti di halte busway, jadi tidak bisa transit. Penjelasan lengkapnya bisa dibaca di sini.
Gampang kan, ke mana-mana naik Transjakarta?
Jalan Cikini Raya.

45 Komentar:

  1. Kalau naik trans di Bandung masih biasa spengalamanku, mbak. Jam atau hari tertentu aja yang crowded tapi sisanya masih wajar. Meski angkot udah sepi, tapi mostly biker lebih banyak dan nambah banyak aja. Pernah pas ke Jakrta naik transjakarta dan aku mendadak jadi bawel nanya-nanya, takut salah naik. Eh pas jalan sih bener naik bus dengan rute yang udah dikasih tau, tapi kelebihan turunnya hahaha Ampun deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... kalau di Bandung memang nggak boleh salah naik dan salah turun. Kayaknya di sana semua jalan satu arah, yah? Bener-bener harus cerewet nanya-nyanya ke orang-orang biar nggak nyasar.

      Hapus
  2. Wah ternyata bisa naik busway ke TIM ya. Thank you infonya

    helenamantra dot com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama! Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  3. Mba aku mo nanya pusat kebudayaan rusia bisa dimasuki umun ga sih? Aku mo datang kesitu tapi takutnya ngga sembarang org bisa masuk. Terus satu lagi dri stasiun cikini bisa ga ke jl diponegoro naik transjakarta? Makasih yo mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pusat Kebudayaan Rusia bisa dikunjungi oleh umum. Tapi, biasanya satpamnya hanya menerima kunjungan kalau sedang ada kegiatan atau waktu ada kursus bahasa. Maklum, Rusia. Saya dulu kursus bahasa di situ selama setahun lebih kok. Kalau datang, langsung bilang ke satpamnya mau tanya-tanya tentang kursus bahasa atau beasiswa, nanti akan diantar ke bagian pendaftaran. (Paling tidak, ada alasan untuk masuk.)

      Hapus
    2. Dari Stasiun Cikini, tinggal jalan kaki sedikit sudah sampai Jl. Diponegoro kan?

      Kalau pakai feeder Transjakarta yang jurusan Senen - Lebak Bulus, dia bisa diambil di depan Gereja Isa Almasih (depan stasiun Cikini), tapi turunnya nanti di perempatan Menteng. Bus ini lewatnya Taman Menteng. Ini kalau tujuannya ke Jl. Diponegoro di dekat Menteng yah.

      Transjakarta yang lewat Jl. Diponegoro adalah Transjakarta jurusan TU Gas - Grogol, yang tidak lewat Cikini. Bus ini lewatnya Matraman - Jl. Diponegoro - terus ke Bunderan HI. Kalau mau naik ini, dari Stasiun Cikini, jalan kaki ke arah Monumen Proklamasi, dan menunggu busnya di halte bus yang di pojokan (dekat hotel Mega Jl. Proklamasi). Kalau mau ke Pusat Kebudayaan Rusia, turunnya di Gedung Wanita, terus jalan kaki sekitar 10 menit ke arah Taman Surapati.

      Hapus
  4. Mba saya mw tanya nih, ini kan saya tinggal di H.R.Rasuna said. Klo mw ke jl.cikini raya dari Gor Sumantri bagus nya bgaimana ya mba? apa saya harus nyambung 2 x atau apalah baik nya ya mba? soalnya kan cikini satu arah. Makasih mba sebelum nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dua kali tuh.

      Kalau dari GOR Sumantri ke Cikini mau naik Transjakarta, ya mendingan naik Transjakarta jurusan Senen, terus di Senen ganti bus: ambil yang ke jurusan Lebak Bulus dan turun di Cikini. Walau ganti bus ini bisa berarti naik bus yang sama yah, tapi seingat saya semua penumpang Transjakarta harus turun di halte terakhir.

      Kalau maunya naik bus, ya ambil kopaja 66 yang ke Manggarai, terus dilanjutkan metromini P17.

      Tapi ... naik gojek atau grab bike bisa lebih cepat dan harganya bisa cuma sepuluh ribuan kok. (Bukan iklan yah.)

      Hapus
  5. Mba Saya Mau Tanya Nih.. Saya Kan Tinggal Di dkt Halte pasar Cakung.. Kalo mau ke Planetarium Itu Rute buswayNya Turun dmn ajh mba.. Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil busway ke arah ASMI, turun ASMI. Terus, nyambung ke Senen. Turun di Senen. Nah, dari situ tinggal ambil feeder jurusan Lebak Bulus dan turun di Cikini.

      Hapus
  6. mba mau tanya kira2 kalo saya naik transjakarta dari arah blok m nanti turunnya di halte apa ya mba? rutenya gimana? hehe makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Blok M ke Harmoni saja. Dari Harmoni ambil jurusan Pulo Gadung, turun di Senen. Nah, Halte Senen itu bentuknya agak aneh, karena ada dua "anak halte" di situ. Jadi, turun di halte busway, langsung saja naik tangga dan jalan ke halte Senen yang di bawah flyover (tidak perlu keluar halte/tap out). Sampai di halte yang di bawah flyover, ambil feeder jurusan Lebak Bulus dan turun di Cikini. Intinya sih, kalau mau ke TIM naik Transjakarta, harus ke Senen dulu.

      Hapus
  7. Wah baru tau ke TIM bisa naik Trans Jakarta hehe. terima kasih infonya mba :)

    BalasHapus
  8. Kl dr komplek depkes rawa bambu gimana mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Depkes Rawa Bambu ini Pasar Minggu ya? Agak ribet ya, kalau dari situ mau ke TIM. Mendingan ke Terminal Pasar Minggu, ambil bus Transjakarta jurusan Pasar Minggu - Tanah Abang, terus turun di Kuningan Barat. Jalan kaki ke Kuningan Timur yang di Jl. HR Rasuna Said (tidak perlu tap out). Dari situ, ambil jurusan Senen, turun di Senen. Terus ambil jurusan Lebak Bulus, turun di Cikini.

      Hapus
  9. Mbak mau tanya dari TIM ke senopati apa bisa ya naik busway/ KRL? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sih, naik Transjakarta, tapi muter-muter banget. Dari TIM ambil yang ke arah Lebak Bulus, turun di Kuningan Timur atau GOR Sumantri. Terus nyambung naik jurusan Blok M (Manggarai - Blok M). Terus dari Blok M, ambil jurusan Kampung Rambutan (7B), turun di Jl Senopati. Ribet ya.

      Kalau mau gampang, pakai jalur yang sama, tapi pas naik Transjakarta tujuan Blok M (Manggarai - Blok M), turunnya di Bunderan Senayan (Ratu Plaza). Dari situ, tinggal naik ojek atau jalan kaki. Itu udah deket.

      Hapus
  10. Makasih banyak mbak. Kalau dari St. Gambir ke senopati bisa menggunakan arah yang sama yah? Maaf ya mbak nanya terus. Tadi udah sempat telfon call centernya tapi masih bingung hehe:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Kan bus Senen-Lebak Bulus lewat depan Gambir dan TIM. Tapi ambilnya harus di halte bus biasa/feeder busway depan Gereja Immanuel. Jadi, dari Gambir, harus menyeberang jalan dulu (naik jembatan penyeberangan di depan Galeri Nasional), terus jalan ke depan GPIB Immanuel, terus tunggu feeder busway di situ.

      Hapus
  11. Mbak kl rute busway dari kampung melayu ke tim gimn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari Kampung Melayu, malah gampang Mbak. Naik koridor 5 jurusan Ancol, pastikan bisa turun di Senen Central. Terus tinggal ambil feeder busway jurusan Lebak Bulus. Di Senen nggak perlu keluar halte ya.

      Hapus
  12. Mba.. kalo mau ke planetarium dr pulogadung / penas / kp melayu gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ke Senen Central dulu, Kak. Dari Pulo Gadung bisa ambil Transjakarta jurusan Harmoni (jangan lupa, ambil bus ke TIM harus di kolong jalan layang ya). Dari Kampung Melayu bisa ambil jurusan Ancol. Nah, dari Senen Central, tinggal ambil jurusan Lebak Bulus. Planetarium ada di kompleks TIM, jadi ntar turunnya di dekat TIM.

      Hapus
  13. Mbk mau tanya klw dr stasiun juanda mau ke planetarium naik apa ya mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... jaraknya di peta sih dekat. Tapi nggak ada kendaraan yang langsung antara Juanda dan TIM. Kalau mau naik busway dari depan Stasiun Juanda, pindah-pindahnya terlalu banyak (Juanda - Harmoni - Senen - TIM) atau jalan kaki agak jauh (jalan kaki dari Juanda ke Lapangan Banteng/samping Katedral sekitar 10 menit, baru ambil Koridor 6H jurusan Lebak Bulus dan turun di TIM).

      Kalau naik kereta, dari Juanda turun di Cikini, lalu jalan kaki ke TIM, tapi jalannya lumayan jauh. Saya sih biasa jalan kaki Pasar Baru - Lapangan Banteng, tapi harus siap panas ya.

      Kalau mau enak sih, ambil sembarang bus/angkot ke Senen, terus dari Senen ambil Transjakarta 6H jurusan Lebak Bulus. Tinggal turun di TIM, deh.

      Hapus
  14. ka kalau dari blok m gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil koridor 1 tujuan Kota. Turun di Harmoni atau di Monumen Nasional. Transit. Ambil koridor 2 tujuan Pulo Gadung. Turun di Senen. Transit. Ambil koridor 6H ke arah Lebak Bulus. Turun di TIM, alias di depan Ibis Budget Hotel. Jangan lupa bilang ke petugas kalau mau turun di TIM, biar petugasnya bisa bantu.

      Hapus
  15. Mbak kalo dari pinang ranti gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Pinang Ranti ambil 9B jurusan Kota. Turun di Harmoni atau Monas. Transit. Ambil koridor 2 jurusan Pulo Gadung. Turun di Senen. Transit. Jalan lewat atas ke kolong jalan layang, jangan keluar halte. Ambil bus 6H jurusan Lebak Bulus. Turun di TIM, depan hotel Ibis Budget.

      Hapus
  16. Mbak, kalo dari Uki gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Cawang UKI, ambil jurusan Kampung Melayu. Dari Kampung Melayu, ambil arah Ancol, turun di Senen Central. Di Senen Central ambil 6H arau Lebak Bulus. Turun di TMII. Info ke petugasnya biar diturunkan di TMII.

      Hapus
  17. Kalo dari Depok naek busway rutenya gmn ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau emang mau naik busway, ambil D11 arah BKN. Transit BKN. Ambil koridor 7 jurusan Kampung Melayu. Transit Kampung Melayu. Ambil koridor 5 jurusan Ancol, turun Senen Central. Transit. Ambil koridor 6H jurusan Lebak Bulus, turun di Taman Ismail Marzuki.
      Ribet ya. Paling enak sih naik kereta, turun Cikini. Dari situ ambil ojek 10 menit atau jalan kaki 25 menit. Lebih praktis.

      Hapus
  18. Mba mau tanya..klo aq naik dr halte yg samping tamini square trus kmn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil jurusan Pluit (koridor 9), turun di Kuningan Barat, jalan ke Kuningan Timur lewat jembatan, terus ambil jurusan Senen (6H). Dari Senen, ambil 6H lagi tapi yang ke arah Lebak Bulus, turun dekat TIM.

      Hapus
  19. Mau Tanya MBA.. Kalau aku naik transjakarta Dari puribeta/ciledug Harus translit Dimana ya MBA.. Terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Puribeta, ambil koridor 13, turun di Tendean (ujung sendiri), terus ganti 5N (Kampung Melayu - Ragunan) ke arah Ragunan. Transit di halte Mampang Prapatan atau Duren Tiga, dan ambil 6H tujuan Senen. Di Senen Sentral ambil 6H yang ke arah Lebak Bulus, turun di TIM.

      Tapi kalau weekend, suka ada bus Puribeta - Ragunan. Bisa ambil bus jurusan Ragunan, langsung transit di Mampang Prapatan atau Duren Tiga. Dari situ, ke Senen, terus ambil bus 6H arah Lebak Bulus dan turun di TIM.

      Hapus
  20. Mba kalau dari Halte Kamnggisan gmn ya mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya Slipi Kemanggisan, ya? Paling gampang, ambil koridor 9 ke arah Pinang Ranti atau 9A ke arah PGC. Turun di LIPI atau Jamsostek. Transit. Ambil 6M jurusan Manggarai. Turun di Patra Kuningan. Transit. Ambil 6H jurusan Senen. Transit di Senen Central. Ambil 6H jurusan Lebak Bulus, turun di TIM.

      Hapus
  21. Kak kalau dari plogadung ke Tim bisa pakai busway? Ada halte dekat TiM gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya sih, dulunya bisa naik jurusan Harmoni (koridor 2) dan turun di Senen Central, terus transit di situ ambil bus jurusan Lebak Bulus (koridor 6H). Tapi, sekarang tidak semudah itu.
      Kebetulan halte busway Senen sedang ada renovasi akibat pembangunan underpass, jadi nggak gampang transitnya. Paling enak, tetap naik bus Transjakarta ke Harmoni, turun di Senen (bisa di Atrium atau dekat Stasiun Senen). Dari situ, jalan kaki ke halte busway Senen Central (kolong flyover) atau ke dekat Stasiun, buat ambil bus 6H jurusan Lebak Bulus. Itu bayar lagi ya. Ntar minta turun di TIM.

      Hapus
  22. kalau dari stasiun cikini mau ke tim ada buswaynya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan jalan satu arah, Kak. Nggak bisa kalau naik kendaraan dari Stasiun Cikini ke TIM. Adanya arah TIM ke Stasiun Cikini.

      Hapus