4 Mei 2019

ITC Cempaka Mas, salah satu tempat grosir yang populer di Jakarta.

Ada rencana berbelanja pakaian? Mau memborong busana muslim untuk Lebaran nanti? Coba belanja di ITC Cempaka Mas. Pusat perbelanjaan yang terletak di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat ini memang sudah lama dikenal sebagai tempat berbelanja pakaian muslimah dan juga handphone. Konon kabarnya, ITC Cempaka Mas termasuk salah satu pusat grosir terbesar di Jakarta.
Menurut saya, ITC Cempaka Mas termasuk tempat belanja yang cukup nyaman, apalagi dibandingkan dengan ITC lainnya. Tempatnya bersih, tidak ada yang menaruh dagangan sampai menutupi jalan. Selain itu, di setiap lantai selalu ada denah lantai (walau kurang lengkap) dan ada satpam yang setiap membantu. Satpam selalu ada di dekat eskalator di daerah Void Utama (bagian tengah).
Nah, kali ini saya hendak menceritakan pengalaman naik bus Transjakarta ke ITC Cempaka Mas. Saya naiknya dari Bendungan Hilir. Ini dia rute ke ITC Cempaka Mas dari Bendungan Hilir, Jakarta Pusat:
  • Masuk halte busway Bendungan Hilir
  • Naik bus Transjakarta Koridor 1 (Blok M – Kota). Ambil tujuan Kota. Turun di halte busway Monas atau halte busway Central Harmoni (ada dua pilihan).
  • Ambil bus Transjakarta Koridor 2 (Harmoni – Pulo Gadung). Ambil tujuan Pulo Gadung. Turun di halte busway Cempaka Timur.
  • Dari situ tinggal jalan kaki saja ke ITC Cempaka Mas.

Pada dasarnya, cara termudah untuk menuju ke ITC Cempaka Mas adalah ambil bus Transjakarta Koridor 2 (Harmoni – Pulo Gadung) dan turun di halte busway Cempaka Timur.
Akan tetapi, sebenarnya ada satu koridor alternatif yang juga melewati ITC Cempaka Mas, yaitu Koridor 10 (Tanjung Priok – PGC). Nah, untuk yang lebih mudah mencapai koridor ini, bisa saja ambil bus koridor 10 dan turun di halte busway Cempaka Mas 2. Hanya saja, kalau turun di halte busway ini, penumpang tetap harus jalan kaki lewat jembatan di atas menuju ke halte busway Cempaka Timur karena pintu keluarnya adanya di sana. Bingung? Sama, saya juga bingung.
Halte busway Cempaka Timur. Foto diambil dari jembatan pejalan kaki dari halte Cempaka Mas 2.
Berikut contoh perjalanan yang juga pernah saya lakukan menuju ke ITC Cempaka Mas, tapi dari Manggarai.
  • Masuk halte busway Manggarai.
  • Naik bus Transjakarta Koridor 4 (Dukuh Atas – Pulo Gadung). Ambil tujuan Pulo Gadung. Turun di halte busway Pramuka BPKP.
  • Jalan kaki lewat jembatan di atas ke arah halte busway Pemuda Pramuka.
  • Ambil bus Transjakarta Koridor 10  (PGC – Tanjung Priok). Ambil tujuan Tanjung Priok. Turun di halte busway Cempaka Mas 2.
  • Jalan kaki lewat jembatan di atas ke arah halte busway Cempaka Timur. Keluar di situ.

Agak ribet ya, banyak jalan di jembatan penghubung di atas. Saran saya sih, kalau ada pilihan, mendingan cari cara supaya datang ke ITC Cempaka Mas-nya naik bus Koridor 2 (Harmoni – Pulo Gadung) saja. Jadi nggak kebanyakan jalan kaki.
Bagaimana? Mudah kan, ke mana-mana naik bus Transjakarta?

72 Komentar:

  1. lebih hemat dan lebih mudah ya kak kalau naik trans jakarta ini, kebetulan saya juga pernah naik bus trans di daerah saya, lumayan kenceng larinya , tapi ya itu kalau pas sesak banyak penumpang, jadi nggak kebagian tempat duduk, sehingga harus berdiri selama di perjalanan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Transjakarta berdiri lama, itu sih sudah biasa... apalagi jam berangkat kantor. Hahaha.

      Hapus
    2. wah lumayan pegel juga ya kak kalau berdiri lama-lama getu, bisa boyoken kalau saya mungkin wkwkwk :D Tapi cukup membantu sih bus trans itu, terutama untuk warga masyarakat kota agar lebih mudah, cepat, dan murah dalam mobilitas ya ;)

      Hapus
    3. Betul... macetnya parah, soalnya.

      Hapus
  2. Saya 8 tahun di Jakarta nggak pernah tahu dimanakan sebenarnya keberadaan si ITC Cempaka Mas yang sering saya denger dari percakapan para emak-emak hobi belanja. hihihihi
    saya paling banter maennya ke ITC kuningan, itu juga cuma nukerin duit doang, habis itu langsung pulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru ke sana tahun ini kok. Padahal sudah di Jakarta dari 20 tahun yang lalu.

      Hapus
  3. Kalau saya sering kemari, biasanya untuk beli keperluan komputer dan handphone. Untuk kebersihan memang diakui ITC Cempaka mas layak untuk mendapatkan jempol. Tertata dengan rapi, tidak semrawut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... saya kagum dengan manajemen gedungnya. Satpam di setiap lantai, seperti mall elit di Sudirman Thamrin.

      Hapus
  4. Apa tuh kepanjangannya ITC?
    Mungkin sama kayak Pasar Baru ya kalau di Bandung, tempat besar untuk berbelanja baju :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya, saya juga kurang paham artinya ITC. Kan ITC sebetulnya singkatan dari International Trade Center. Tapi kan nggak nyambung ya dengan ITC yang tersebar di Jakarta ini. Istilah aja kali ya...

      Hapus
  5. hehe, saya blm pernah tuh nyicipin busnya :D

    BalasHapus
  6. Wah tempat belanja saya tuh ITC cempaka mas selain belanja di pasar senen soalnya lebih dekat dr pulo gadung, penampilannya kayaknya gak ada yg berubah menurut saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITC dari masa ke masa ya gitu-gitu aja, sih Mbak. Hahaha...

      Hapus
  7. saya pengen belanja pakaian muslimah.. tapi saya cowok, gimana dong??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa masalahnya? Paling dikira mau dijual lagi. Kan banyak yang memborong buat jualan.

      Hapus
    2. gak asik kalo dijual lagi.. harus dipakai sendiri

      btw, ogut sering lewatin tuh rutenya.. soalnya ogut kalo maen ke pulomas.

      Hapus
  8. sering banget ke sini dulu karena dekat rumah ortu...
    btw pernah nyoba naik busway dari PGC, lalu naik jembatan penghubungnya... panjang banget ya.. bikin pegel he.. he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... kalau dari PGC itu PR banget.

      Hapus
  9. Sejak ada ojol jadi jarang naek ini, kecuali yang jauh banget. btw nice inpoh mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ojol mempermudah hidup. Tapi kalau buat saya, busway tetap menjadi alternatif transportasi yang oke.

      Hapus
    2. Jalan ke haltenya baik ut kesehatan. Apalagi ut saya yang dah angkatan forty ^_^

      Hapus
    3. Waduh, lebih sehat lagi naik turun tangga stasiun MRT di Sudirman, Pak.

      Hapus
    4. itu yang viral karena terjal yah ?

      Hapus
    5. Bukan, yang viral karena terjal, kalau nggak salah, halte busway yang di Jati Padang, ke arah Ragunan. Kalau tangga stasiun MRT, memang turunnya dalam banget. Tapi nggak terjal ya. Lumayan, olah raga.

      Hapus
  10. Wahhh belum pernah ke jakartaaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara yang di Jakarta bosan dan maunya keluar Jakarta...

      Hapus
  11. Dulu awal buka jadi idola loh ITC Cempaka Mas. Sampe sekarang nggak berubah ya Mba.

    BalasHapus
  12. Kakak bikin iri saja. Aku tinggal di Kota Malang, Jawa Timur, nggak bisa bayangin rasanya naik Transjakarta dan pengen. :(
    Soalnya, kayaknya asyik banget di sana, bisa ngerasain naik kendaraan umum yang keren dan bersih.
    Kalau di sini cuma ada angkutan umum dan nggak bersih, apalagi on time.
    Huhu...

    Jadi, sudah belanja apa saja Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... main, lah, ke Jakarta. Hmm, belanja apa ya...

      Hapus
  13. Wah boleh dicoba rutenya. Selama ini kalau bingung Naik busway suka nanya ama petugasnya.

    BalasHapus
  14. Menuruku yang astik kok malah perjalannya ya...dengan busway...hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal nggak pas jam berangkat kantor aja. Macet dan padat. Hahaha...

      Hapus
  15. Mau hunting Gadget baru Ya mbak Ke ITC cempaka? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, enggak Kak. Mau beli baju.

      Hapus
    2. ow kirain Berburu HP baru,,,,, wkwkwk

      Hapus
    3. Waduh, kalau tiap lebaran hape baru, nggak bisa nabung, tuh.

      Hapus
    4. ya hp lama dijual baut di tabung mbak, wkwkwwk,,,,
      #maksa bener saya ya? :D

      Hapus
    5. Ahaha ... gue curiga ini mau promosi handphone nih.

      Hapus
    6. wkwkw,,,
      gak jadi deh promosinya, udah ketahuan duluan,, :V :D wkwkwwk

      Hapus
  16. aku belum pernah naik trans jakarta. aih kudet yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... enggak, lah. Lha saya memang rumahnya dekat halte busway.

      Hapus
    2. wah asyik juga ya kak kalau rumah dekat halte bus getu, bisa sante kalau mau kemana mana bisa naik bus transjakarta, bisa lebih hemat dan cepat perjalanannya ;)

      Hapus
    3. Hehehe... bener banget. Makanya hobi promosi Transjakarta, lha emang pengguna rutin.

      Hapus
  17. Wah.. Aku dulu kalo belanja ke sini teruuss looh hihi. Lumayan dapet yang murah2. Apalagi sejak ada busway, transportasi jadi lebih gampang deh ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih biasanya ke ITC Kuningan, soalnya lebih dekat rumah. Tapi berhubung kemarin-kemarin iseng-iseng berhadiah aja makanya ke Cempaka Mas.

      Hapus
  18. Saya yang di Cianjur ikut bingung hehehe
    Kalau naik Transjakarta sepertinya saya harus banyak tanya. Atau bawa petanya. Biar gak nyasar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sering bingung kok, apalagi tiap bulan selalu ada rute baru. Makanya andalan saya ya aplikasi Trafi di handphone buat tahu jalur busway yang benar.

      Hapus
  19. Salam kenal ^_^
    Baru pertama kali kemari

    Saya belum pernah ke ICT Cempaka Mas, apalagi naik trans ke sana. Tapi sepertinya pemilik blog sering banget naik public transport, ya. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Nggak punya kendaraan pribadi soalnya...

      Hapus
  20. Ini mah tempat paporit emak gw. Emak gw-nya yang seneng gw-nya yang senep ngikutin dia ngider -__-'

    BalasHapus
  21. ITC paling deket ama kantor neh si Cemas ini cempaka mas hehehe. Belanja murah hati seneng deh kl ke itc tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... pilihan barangnya banyak. Terutama baju.

      Hapus
  22. kalau saya sih sekarang lebih seneng naik ojek online kak, lebih simpel kayaknya bisa dijemput dan diantar ke tempat tujuan, bisa lewat jalan tikus juga hahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih... bisa diantar dan dijemput. Yang penting, jangan sampai "datang tak berjemput, pulang tak berhantar".

      Hapus
  23. Ntar coba ah naik busway. Dulu ke ITC ini naik gocar. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, naik gocar itu sudah mantap banget. Tapi kurang seru...

      Hapus
  24. Transportasi umum di Jakarta semakin membaik, meskipun perubahannya belum terlalu signifikan. Saya pun sekarang mulai membiasakan diri untuk naik kendaraan umum kemana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... perlahan-ahan semakin membaik.

      Hapus
  25. Aku pernah ke ITC Cempaka Mas dan ngerasa kesasar di dalam karena saking gedenya... Haha... Kalo udah liat baju lucu udah mending langsung beli kayaknya, kalo ngiter lagi nanti tokonya susa ketemu kalo yang buat nggak pernah ke sana... :D Nice info mba, pasti banyak yang butuh jalur transportasi ke sana naik apa..

    BalasHapus
  26. Mbak ada nggak ya grosiran ITC yang bisa belanja online? Jadi pengen lihat-lihat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... itu tak tahu. Tapi sebetulnya, kalau masih ITC, mendingan datang langsung deh.

      Hapus
  27. Wah ITC Cempaka Mas ini dekat tempat kerjaku dulu. Tiap abis gajian pas masih single langsung melipir ke sini. Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... ternyata penguasanya ITC Cempaka Mas, nih.

      Hapus
  28. Nggak berasa ya udah mau lebaran lagi. Di mana-mana udah banyak yang hunting kebutuhan lebaran, termasuk pergi ke ITC untuk belanja. Asiknya, ada transportasi publik yg punya akses ke ITC. Ya meskipun mesti lanjut jalan kaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... tahu-tahu sudah seminggu puasanya. Nggak terasa kan.

      Hapus
  29. kalau kita jauh dari ITC cempa mas, memang berliku jalan menuju ke sana by TJ. Untungnya banyak pusat grosir bsar yang tersebar di Jakarta sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Saya juga jarang ke sini karena lebih dekat ke ITC yang lain.

      Hapus