25 Mei 2019

Jalan-jalan di kebun binatang Ragunan.
Dulu saya pernah menulis tentang kebun binatang Ragunan. Tahun 2015, ya. Nah, di tahun 2019 ini saya berkunjung lagi ke kebun binatang Ragunan dan ... sudah ada beberapa perubahan. Walau secara umum tidak ada banyak perubahan dari tahun 2015, dan di beberapa bagian terlihat malahan terbengkalai, namun ada beberapa perbaikan seperti:
  • Ada charging point untuk handphone
  • Ada papan petunjuk hewan dalam huruf braille (tapi mungkin tidak terlalu terpakai, ya)
  • Ada tempat khusus untuk ibu menyusui
  • Lebih banyak papan petunjuk dan papan informasi
Tapi secara umum, pergi ke kebun binatang Ragunan tetap seru dan mengasyikkan untuk seluruh keluarga. Apalagi, koleksi hewan-hewannya tetap terawat dan sehat. Ditambah, ada atraksi seru seperti naik gajah.
Nah, tidak perlu khawatir mengenai bagaimana caranya menuju ke kebun binatang ini karena ada moda transportasi yang bisa mengantar langsung pengunjung kemari, yaitu bus Transjakarta. Alasannya, halte busway Ragunan, yang letaknya persis di depan gerbang masuk kebun binatang, adalah halte tujuan akhir beberapa koridor Transjakarta. Kalau mau naik Transjakarta, cukup cari koridor yang tujuannya ke Ragunan.
Halte busway Ragunan.
Berikut jalur layanan bus Transjakarta yang berakhir di halte busway Ragunan:
Koridor 6 (Dukuh Atas – Ragunan)
Koridor 6A (Monas – Ragunan, via Kuningan)
Koridor 6B (Monas – Ragunan, via Semanggi)
Koridor 6F (Stasiun Manggarai – Ragunan)
Koridor 4H (Pulo Gadung – Ragunan), hanya di akhir pekan
Koridor 7E (Kampung Rambutan – Ragunan)
Ada kemungkinan koridor yang hanya beroperasi di akhir pekan akan beroperasi juga di hari Lebaran, oleh sebab itu, sebaiknya rajin melihat instagram @pt_transjakarta dan twitter @pt_transjakarta dari PT Transjakarta untuk mendapatkan informasi terbaru.
Seluruh bus di koridor di atas dapat diambil di halte busway di depan kebun binatang Ragunan. Akan tetapi, untuk koridor 6N, ambilnya di luar halte ya, tepatnya jalan sedikit ke bagian belakang halte. Soalnya untuk bus yang masuk kategori Feeder Busway ini, pembayaran dilakukan di dalam bus, bukan pakai tap masuk di gate halte. Saran saya, sebelum masuk ke dalam halte, tanya dulu ke petugas, apakah bus yang dimaui dapat diambil di dalam halte atau harus di luar halte.
Nah, untuk yang ada rencana jalan-jalan ke Ragunan, saran saya datanglah pagi-pagi karena hewan-hewannya aktif dan mudah dilihat. Kalau sudah siang, mereka biasanya sudah bersembunyi di bawah pohon atau di tempat-tempat lain yang teduh.
Nah, kalau datang pagi-pagi dan petugas penjual tiket belum ada, kita tetap bisa masuk karena kita bisa menggunakan kartu Jakcard dari Bank DKI. Jakcard bisa diisi ulang di seluruh ATM Bank DKI ataupun di loket tiket kebun binatang Ragunan, serta di halte busway Transjakarta. Kartu Jakcard juga bisa dipakai untuk tap in di halte busway lho.
Oh ya, dan jangan lupa, kebun binatang Ragunan tutup di hari Senin.
Gimana, sudah siap jalan-jalan ke kebun binatang Ragunan?

32 Komentar:

  1. Betul sekali, bil ke kebun binatang, termasuk ke Ragunan tentunya, enaknya pagi-pagi, di samping hewan-hewannya aktif dan mudah dilihat, juga suasananya terasa masih seger.

    BalasHapus
  2. Saya pernah sekali ke Ragunan, menggunakan motor. Dari Polugebang tidak ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Pulo Gebang jauh ya. Harus transit dua kali tuh Pak. Pertama ke Pulo Gadung naik bus koridor 11D. Terus ke Dukuh Atas ambil koridor 4. Dari Dukuh Atas ke Ragunan naik koridor 6. Lumayan ya ...

      Saya sendiri belum pernah ke Pulo Gebang, lho. Kalau ke Pulo Gadung sih lumayan sering. Sedangkan ke arah Ragunan, itu jauh lebih sering lagi.

      Hapus
  3. Entah kapan terakhir kali aq ke kebun binatang. Udah lama banget. Dan aq blm tahu Ragunan itu kaya apa. Mudah2an ada rizki bisa ke sana :)

    BalasHapus
  4. Cashless membantu banget ya? Nggak perlu nunggu petugas untuk bisa masuk. Jadi pingin tahu kebun binatang bandung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Sayangnya cuma terima kartu Jakcard dari Bank DKI.

      Hapus
  5. wah asyik juga ya kak bisa jalan jalan sambil lihat hewan hewan yang lagi di kebun binatang, pasti anak anak kecil ponakan saya seneng banget nih kalau diajak kesitu, ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... anak-anak suka banget lihat binatang. Emak bapaknya yang bosen. Hahaha...

      Hapus
  6. Kebun binatang Ragunan ini terkenal banget, tapii.....saya belum kesana,,,hiks...hiks..hikss... :)

    Tempat wisata seperti ini, pas liburan atau lebaran, banyak banget yang kesana. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan pernah ke Ragunan waktu lebaran, Pak. Penuh banget. Nggak bakalan kelihatan hewannya.

      Hapus
  7. Jadi inget dulu pas kantor lagi libur hari Senin, iseng pengen main dan jalan-jalan pergilah kita ke Ragunan. Ehhh hewannya lagi pada libur hahaha. Sedih banget dah wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... Senin cuma bisa ke mall. Museum juga tutup.

      Hapus
  8. saya dah lama 2 bulan di jakarta, tapi ga pernh pakai transjakarta hehe. mungkin slama ini cma kerja kerja kerja ya.

    BalasHapus
  9. Sudah lama gak berkunjung ke kebun binatang, hehehe. Jalurnya pas banget ya, pengunjung bisa gampang kalau mau melihat hewan-hewan yang lucu. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... kebetulan Ragunan memang ujung jalur busway.

      Hapus
  10. Dulu ini tempat saya dan keluarga berkunjung saat lebaran. Soale gak pny keluarga di Jkt. Jadi negok buyut ke sini hehehe

    BalasHapus
  11. saya malah belum pernah jalan-jalan kesini, tapi di daerah saya juga sering liaht binatang saya mbak, maklum pedalaman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo... itu namanya hewan liar yang merdeka. Kalau yang di kebun binatang adalah hewan beradab yang terkungkung.

      Hapus
  12. menarik. belum pernah sampai ke sana lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebun binatang selalu menarik, apalagi buat keluarga.

      Hapus
  13. Sedihnyaa, padahal aku sempat merantau di area depok - jaksel dua setengah tahun, tapi belum juga disempatin ke sini. akhirnya sampe sekarang belum pernah deh ke ragunan huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah... udah ditungguin orang utan, lho.

      Hapus
  14. Sekarang tarif tiket ke bonbin Ragunan berapa, kak ?.

    Teakhir aku kesana masih 10K.
    Daaaaan ..., itu adalah tiket termurah dibanding tiket masuk bonbin lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini buruknya kalau bayar pakai kartu: suka nggak merhatiin berapa angka yang muncul di layar. Pas masuk ke kebun binatang, karena tinggal tap kartu Jakcard, saya nggak terlalu memperhatikan berapa biayanya. Tapi kayaknya sih, cuma Rp 4.000,- sekali masuk deh.

      Hapus
  15. mbak Dee, ada panda nggak sih di ragunan?
    aku pengen lihat panda. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada, kakak. Panda adanya di Taman Safari di Cisarua. Kalau di Ragunan adanya Orang Utan.

      Hapus