22 Februari 2020

Foto-foto dulu di depan Galeri Nasional Indonesia.
Salah satu tempat yang cukup sering saya kunjungi adalah Galeri Nasional Indonesia. Ini bukan museum, ya. Galeri Nasional Indonesia adalah lembaga budaya negara yang fungsinya terkait erat dengan kesenian Indonesia. Galeri Nasional Indonesia, atau biasa disebut Galnas, secara rutin menyelenggarakan banyak kegiatan, terutama pameran seni. Kadang-kadang di sini diadakan workshop, seminar, dan juga pertunjukan seni. Umumnya pameran seni yang diadakan di Galnas adalah pameran seni kontemporer. Pameran lukisan koleksi Istana Negara yang umumnya diadakan di bulan Agustus juga selalu diadakan di sini.
Gedung Galeri Nasional Indonesia tadinya adalah sekolah asrama khusus wanita di tahun 1900. Namun di tahun 1962 gedung ini diserahkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan diubah menjadi gedung pameran seni. Selanjutnya Galeri Nasional Indonesia diresmikan kegiatan operasionalnya pada tahun 1999. Galeri Nasional Indonesia pada dasarnya melakukan kegiatan seperti pengumpulan, perawatan, pendokumentasian, dan publikasi berbagai bentuk dan ekspresi karya seni, baik dari seniman nasional ataupun luar negeri.
Bisa dikatakan, setiap waktu selalu ada kegiatan di Galnas. Yang paling umum adalah pameran lukisan atau karya seni kontemporer lainnya. Karena koleksinya bermacam-macam dan ekspresi seninya sangat bervariasi, saya cukup sering berkunjung kemari dan tidak pernah bosan. Galnas memiliki ruang pameran tetap yang mana di situ dipamerkan lukisan seniman-seniman ternama Indonesia dari berbagai periode seni.
Foto dulu dengan lukisan karya Affandi.
Eh ... bisa juga melihat langsung lukisan karya presiden pertama Indonesia.
Umumnya orang datang berkunjung ke ruang pameran di Gedung A, yang letaknya di tengah-tengah areal Galnas. Biasanya pameran yang disponsori oleh kedutaan, agensi seni luar negeri, atau seniman yang cukup terkenal diadakan di sini. Selain ruang pameran utama, ada juga ruang pameran di Gedung B dan Gedung C, yang masing-masing bentuknya memanjang di tepi area Galeri Nasional Indonesia.
Awal Februari yang lalu, kebetulan saya mengunjungi Galeri Nasional Indonesia untuk menyaksikan pameran lukisan dari seniman Rusia yang merupakan bagian dari peringatan dimulainya hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia. Tapi karena kebetulan waktu itu ada tiga pameran yang diselenggarakan, saya jadinya sekalian mampir ke pameran-pameran yang lain. Bersyukur banget bisa melihat hasil karya dan buah pikiran dari Dolorosa Sinaga, salah satu seniman Indonesia, yang kebetulan mengadakan pameran beberapa karya seninya di situ. Begitulah kalau punya hobi menikmati karya seni dan suka berkunjung ke Galnas. Bisa dapat menyaksikan karya seni yang keren-keren.
Galnas memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain memiliki beberapa ruang pameran seni, Galnas juga memiliki ruang-ruang untuk seminar dan aktivitas workshop. Di sini juga terdapat toko cinderamata, kantin, dan sudah pasti kamar kecil serta mushola. Sebagai kawasan seni, Galnas memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat foto-foto unik dengan latar belakang instalasi seni dari berbagai seniman nasional.
Pameran karya seniman Dolorosa Sinaga.
Para pengunjung menikmati sebuah pameran di ruang utama Galnas.
Transportasi ke Galeri Nasional Indonesia
Galeri Nasional Indonesia terletak di Jl. Medan Merdeka Timur no.14, Jakarta Pusat. Tempatnya persis di seberang Stasiun Gambir. Dari Stasiun Gambir bisa jalan kaki dengan menyeberang jalan melalui jembatan penyeberangan.
Untuk yang berminat mengujungi Galeri Nasional Indonesia atau Galnas dengan kendaraan umum bisa naik bus Transjakarta berikut ini:
  • Koridor 2 (Harmoni – Pulo Gadung) dan 2A (Kalideres – Pulo Gadung) hanya yang ke arah Harmoni.
  • Koridor 2D (Rawa Buaya – ASMI) hanya yang ke arah Rawa Buaya.
  • Koridor 7F (Harmoni – Kampung Rambutan via Cempaka Putih) hanya yang ke arah Harmoni.
  • Koridor 6H (Lebak Bulus – Senen), kedua arah dapat turun di dekat Galeri Nasional Indonesia.
Nggak perlu khawatir dengan kendaraan umum kemari, karena jumlah armadanya cukup banyak.
Seru kan, bisa jalan-jalan sekaligus menikmati karya seni nasional dan internasional. Untuk yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Galeri Nasional Indonesia, bisa mengunjungi websitenya di galeri-nasional.or.id dan melihat agenda terbarunya. Untuk yang penasaran apakah bisa mempromosikan karya seninya di sini, juga bisa cek website tersebut.
Ada yang juga suka berkunjung ke Galeri Nasional?

Salah satu pameran lukisan yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia.

19 Komentar:

  1. Baru tahu kalo Gedung Galeri Nasional Indonesia tadinya adalah sekolah asrama khusus wanita di tahun 1900. Disana juga ada lukisan karya bung Karno ya.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin sempat dipindahkan sih, tapi setiap 17 Agustusan lukisan ini selalu dipamerkan.

      Hapus
    2. Oh begitu ya, itu lukisan bung Karno dipindahkan kemana kak?

      Hapus
    3. Kadang disimpan untuk dirawat. Kadang dipinjam untuk pameran lain. Maklum, karya penting untuk sejarah seni Indonesia.

      Hapus
  2. wah mau kapan2 main ke Galeri Indonesia, ku kira awalnya ini tuh sejenis museum ternyata bukan ya, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya semacam museum, sih. Tapi isinya banyak yang temporer, tergantung kegiatan yang ada saat itu.

      Hapus
  3. Saya penggemar lukisan, sudah mendengar galeri nasional ini tapi nggak ngeh kalau lokasinya dekat dengan Gambir. Tak catet dulu mbak, kali saja lain kali ada kunjungan ke jakarta.

    Bagus bagus bgt karya seninyaa.

    Thanks for sharing..

    BalasHapus
  4. Kelak kalo sudah rezeki, pingin bisa nih iseng berfaedah, main-main ke tempat-tempat semacam ini. Seru banget Mba Dee ulasan nya, barangkali bisa buat panduan sy nih besok-besok :)

    BalasHapus
  5. Gw kalo ke kantor pajak suka lewat sini. Tapi belum pernah mampir. Bayar gak sih mbak masuknya?

    BalasHapus
  6. jaman skg jarang sekali orang orang menikmati tmpt sejenis museum gini mba, kerenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang lagi ngetrend, lho, wisata seni.

      Hapus
    2. mungkin saya juga mau coba nikmatin seni mba ehehe

      Hapus
  7. Sering denger ttg Galeri nasional nas tapi belum pernah ke sana, koleksinya lumayan banyak ya mba sering diadakan pameran juga rupanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suka lukisan atau karya seni, tempat ini wajib rutin didatangi.

      Hapus
  8. Bukan museum tapi koleksinya ada jg lukisan2 yang bersejarah seperti karya Bung Karno

    BalasHapus