26 Juni 2014

Setiap tahun, untuk merayakan ulang tahun Jakarta, Jl M.H. Thamrin selalu ditutup untuk karnaval. Kebetulan tahun ini tanggal 22 Juni jatuh di hari Minggu. Tepat sekali! Jakarnaval 2014 diselenggarakan tepat di hari ulang tahun Jakarta.

Jalan sudah mulai ditutup di jam 15:00. Orang-orang sudah mulai berjalan dan foto-foto di jalan. Tetapi karnaval baru mulai sekitar jam 16:00. Tema karnaval kali ini adalah topeng. Jadi mayoritas penampilan peserta karnaval mengenakan topeng. Kebetulan, banyak sekali seni tari dan seni busana tradisional Indonesia yang mengenakan topeng. Banyak mobil-mobil hias yang berpartisipasi dihiasi dengan bentuk topeng betawi.

Ada banyak peserta Jakarnaval tahun ini. Ada perwakilan dari kelompok seni di masing-masing Kotamadya, siswa-siswa SMA, badan pengelola museum, perwakilan pemerintah daerah, kantor administrasi publik, suku dinas pemerintahan, badan usaha milik pemerintah daerah, dan juga swasta. Seluruh partisipan menampilkan busana, kesenian, dan hasil seni yang menarik di dalam kegiatan yang berlangsung selama satu setengah jam ini. Susah ya, menggambarkan karnaval dengan kata-kata. Jadi, kali ini, saya cukup memasang foto-foto hasil jepret sana-sini selama kegiatan karnaval tersebut. Selamat melihat!

Barisan dibuka oleh peragaan busana a la karnaval di Brazil.
Topeng-topeng raksasa yang ditandu.
Baju keraton ... eh, baju karton.
 








Arak-arakan "penganten sunat".
Busana anyaman daun pandan.
"Sirkus" jawa timuran dengan enggrang.
Bintang utama karnaval kali ini: pengelola kebersihan kota!
Yang selalu ada di Jakarnaval: ondel-ondel dan tanjidor lengkap.
Baju modern dengan sentuhan arab, eropa, dan betawi.
Pertunjukan musik dari tim pemadam kebakaran.
Abang None turut memeriahkan arak-arakan.
Arak-arakan mobil hias menutup rombongan festival.
Selesai sudah acara ulang tahun Jakarta kali ini.
... dan Tim Kebersihan langsung bekerja!
   Sampai jumpa di tahun depan, Jakarnaval!

0 Komentar:

Posting Komentar