30 November 2014

Postingan ini merupakan update untuk artikel tanggal 4 Mei 2014 yang berjudul Menuju ke Pusat-Pusat Kebudayaan Asing di Jakarta dengan Kendaraan Umum. Di artikel tersebut, penulis membahas tentang cara-cara menuju ke beberapa pusat kebudayaan asing yang ada di Jakarta dengan menggunakan kendaraan umum. Salah satu pusat kebudayaan yang dibahas adalah (Institut Français d’Indonésie) IFI Jakarta – Salemba.

Foto ini diambil di bulan Juni 2014. Gedung putih di kiri itu cikal bakal IFI Thamrin.
Nah ... pertengahan bulan November ini, IFI Salemba pindah ke Jl. MH Thamrin, dan sekarang sudah lebih cocok disebut sebagai IFI Thamrin. Untuk membantu teman-teman yang (mungkin) belum lama tinggal di Jakarta dan belum tahu caranya menuju ke IFI Thamrin ini, berikut saya informasikan pengalaman saya menuju ke sana.

4.         (Institut Français d’Indonésie) IFI Jakarta – Thamrin

Alamat : Jl. MH Thamrin no: 20 Jakarta 10350
Transportasi terdekat:
Posisi gedung baru IFI ini sangat strategis. Letaknya persis di sebelah Sarinah, salah satu mall tertua di Jakarta. Kalau pembaca tiba di gedung Sarinah dan kemudian berjalan kaki ke arah Bundaran HI, Anda akan melihat tembok abu-abu yang terkesan kaku dan dengan pintu masuk yang tertutup rapat dan dijaga satpam.
Yak, dulunya ini adalah gedung Kedutaan Perancis. Sampai sekarang, bagian kedutaannya masih pada tahap renovasi. Namun, sebagian dari tempat ini sudah difungsikan untuk IFI (tempat kursus dan mediatek). Karena IFI sekarang sudah satu kompleks dengan kedutaan, maka setiap orang yang datang ke sini untuk meminjam buku ataupun kursus bahasa harus mengikuti peraturan keamanan yang berlaku. Jangan coba-coba membawa senjata ataupun barang-barang tajam seperti cutter ataupun gunting. Semua itu harus dititipkan di pos satpam gerbang depan.
Angkot/KWK : Tidak ada angkot yang lewat sini
Bus : Hampir semua bus besar yang menuju ke Tanah Abang melalui Jl. MH Thamrin akan lewat di sini. Kalau ragu-ragu, bisa tanya ke keneknya, "Lewat Sarinah Thamrin?" Kalau lewat, maka bus itu bisa mengantar Anda ke IFI Thamrin. 
Contoh bus jurusan Tanah Abang yang lewat di depan IFI Thamrin adalah Mayasari Bakti AC52 (Bekasi/Tol Timur), Mayasari Bakti AC52A (Jati Asih), Mayasari Bakti AC70 (Kampung Rambutan), Mayasari Bakti AC70A (Cibinong), dan Mayasari Bakti P16 (Kampung Rambutan).
Selain bus di atas, ada juga Metromini 640 (Tanah Abang - Pasar Minggu) dan Kopaja P19 (Tanah Abang - Blok M/Cilandak). Ada juga bus yang lewat di belakang Sarinah (jadi masih harus jalan sedikit), yaitu Metromini P15 (Senen - Setiabudi). 
Transjakarta : Turun di Halte Busway K01-12 Sarinah. Halte busway ini merupakan bagian dari Koridor 01 Blok M – Kota. Jalan kaki sekitar lima menit.
KRL : Ada dua kemungkinan. (1) Turun di Stasiun Sudirman lalu naik Kopaja P19 atau Metromini 640 (dua-duanya ambil yang ke arah Tanah Abang yah, jangan terbalik) atau naik Transjakarta ke arah Sarinah. (2) Turun di Stasiun Tanah Abang lalu jalan kaki 10 menit ke pasar blok A dan ambil Kopaja P19. Kalau mau jalan kaki dari Stasiun Tanah Abang ke IFI Thamrin, bisa dicoba jalan sekitar 30 menit.
Kendaraan Pribadi : (1) Dari Monas, tinggal lurus ke arah Bundaran HI. Disarankan untuk parkir di Sarinah karena mobil pribadi tidak boleh masuk kompleks kedutaan Perancis. (2) Kalau dari arah Bundaran HI, disarankan untuk masuk ke Jl. Sutan Syahrir (sebelum hotel Pullman) atau Jl. Imam Bonjol (sebelah Hotel Mandarin Oriental), lalu belok kiri ke Jl. H. Agus Salim. Terus saja sampai ketemu gereja Theresia, lalu belok kiri ke Jl. Sunda, tinggal cari tempat parkir di situ.

Selamat mengunjungi IFI Thamrin!

4 Komentar:

  1. Kalau mau ambil kursus di IFI gimana ya caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal datang aja. Ntar tanya ke bagian administrasi pendaftaran di lantai dua. Soal biaya kursus dan jadwalnya, bisa ditanyakan di sana.

      Nah, pas datang dan melewati pos satpam, bilang saja mau daftar kursus bahasa. Gak masalah...

      Hapus
  2. Stasiun terdekat dengan ifi apa ya? Saya dari malang, mau ke jakarta naik kereta. Nanti turunnya di stasiun apa ya yang terdekat dg ifi atau yang akses ke ifi nya mudah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau turun di Gambir, bisa ambil Transjakarta. Ambil bus Transjakarta yang ke arah Harmoni/Monas di Halte Busway Gambir 1 (di depan stasiun). Di Halte Harmoni atau Halte Monas, transit - pindah ke busway koridor 1 jurusan Blok M. Nanti turun di Halte Busway Sarinah.

      Hapus