6 April 2019

Pernah dengar Depot Es Nini Thowong? Rumah makan masakan Indonesia ini adalah salah satu tempat makan legendaris di kota Solo (atau Surakarta), Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1980, menu andalah rumah makan ini adalah es Nini Thowong. Tentunya selain berbagai macam minuman khas Solo, rumah makan ini juga menyediakan berbagai makanan khas Solo dan Jawa Tengah yang tak kalah lezatnya.
Es Nini Thowong.
Es Nini Thowong adalah es campur dengan beberapa macam buah, cendol, kacang hijau, agar-agar, dan kolang-kaling, yang dipadukan dengan es serut dan susu kental manis. Rasanya? Sudah pasti enak. Nini Thowong sendiri sebenarnya adalah nama suatu permainan semacam jalangkung di daerah Bantul. Entah mengapa es ini diberi nama yang lumayan seram, yang jelas pengemarnya banyak dan rasanya juga sedap.
Kalau dilihat bentuknya, mungkin nampak biasa saja. Tapi itu karena seluruh isi esnya ditumpuk dengan es serut sehingga tidak terlihat apa saja isinya. Tapi begitu dicampur dan dimasukkan ke dalam mulut, hmmm ...  Dijamin tidak akan berhenti sampai habis.
Waktu saya berkunjung ke Solo di awal tahun ini, saya sekeluarga mampir ke Depot Es Nini Thowong ini. Letaknya di Jl. Arifin no. 32, Jebres, Solo. Gedungnya baru, dan ada tempat parkirnya. Walau kami datanya sudah lumayan sore, ternyata rumah makan ini penuh banget. Untung kami segera mendapatkan tempat duduk.
Gedung baru Depot Es Nini Thowong.
Depot Es Nini Thowong tidak hanya menyediakan es Nini Thowong yang memang hasil kreasi pemiliknya, namun juga menyediakan minuman khas lainnya seperti misalnya es gempol pleret. Tempat ini juga menyediakan berbagai masakan tradisional, termasuk gudeg, soto, racikan selat, dan bakmi ketoprak. Waktu saya datang kemari, saya memesan es Nini Thowong dan bakmi ketoprak. Betul-betul memuaskan perut saya.
Buat yang kebetulan berkunjung ke Solo dan ingin mencoba kulineran khas Solo, boleh coba melipir ke Depot Es Nini Thowong. Selain banyak pilihannya, rasanya juga enak. Dijamin tidak akan menyesal.

41 Komentar:

  1. Dari tampilannya saja sudah bikin ngelir, dan pasti jaminan seger..
    Cocok nih buat buka puasa ntar hehe

    BalasHapus
  2. Wah bisa dicoba nih ketika ke solo

    BalasHapus
  3. Bangun tidur baca postingan ini jadi laper 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... kalau bacanya sebelum tidur, ntar kebawa mimpi...

      Hapus
  4. Kebayang cendol di satuin sama kacang ijo nya seger kayakna 2 jenis kesukaan ku hehe cm makan nya terpisah.
    Seandainya deket mau coba es nini thowong ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... ini cuma ada di Solo.

      Hapus
    2. Nah itu dia 😃
      Klo pesen online juga keburu mencair..

      Hapus
  5. Aku kok jadi syerem begitu tau namanya itu mirip dengan nama semacam jailangkung. Syereemmmm

    BalasHapus
  6. wah kelihatan seger banget ya es nini thowog nya, tapi serem juga nama es nya, masih saudara sama kunti nggak ya hhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Mbak Kunti kayaknya belum kenalan ama Nini Thowong, deh. Ntar disuruh kenalan aja. Hehehe...

      Hapus
  7. Namanya unik banget ya saya kira yg punya restonya didi nini thowok si penari itu, taunya bukan ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda, Kak. Satunya thowok, satunya thowong.

      Hapus
  8. Wah, tempat rumah makan es nini towong ini megah ya, kirain kayak warung makan di pinggir jalan.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulunya rumah makan jaman dulu, yang cuma bagian depan rumah orang gitu. Sekarang sudah punya bangunan sendiri.

      Hapus
  9. aku baru denger lho es nini thowong ini,, serem juga ya arti dari namanya..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma namanya aja kok. Rasanya sih enak banget.

      Hapus
  10. Es Nini Thowong, walaupun namanya serem tapi setelah tahu isinya apa saja jadi pengin nyobain pasti enak rasanya

    BalasHapus
  11. nama yang unik biasa nya bikin penasaran calon konsumen ya kak, sehingga marketing nya bisa sukses dengan cara unik tersebut ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbukti, orang Indonesia suka tema horror.

      Hapus
  12. es nini thowong kelihatannya enak, apalagi ada cendol dan kolang kalingnya...yummy...!!

    BalasHapus
  13. Pertama baca nama esnya, kukira ada hubungannya sama Didi Nini Thowok. Ternyata nggak ada hubungannya ya? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak ... kasihan sekali Didik Nini Thowok disamakan dengan Nini Thowong ...

      Hapus
  14. Sueger gitu ya penampilannya. Wajib mampir nih kalo ke Solo :D

    BalasHapus
  15. Wahhh dalam penamaan unik unik yaaa, saya baru denger banget wuehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal sudah terkenal dari dulu... di kota Solo.

      Hapus
  16. Gambarnya aja bahaya nih kalau lagi puasa, terus liatnya pas siang bolong. Syeger~ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, buka artikelnya malam saja, Kak.

      Hapus
  17. biar mudah untuk berkunjung dan berkomentar di blog sobat, izinkanlah ane untuk mem-follow blog sobat, terimakasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... itu masalahnya, Kak. Saya ada rencana ubah template. Dan baru mau pasang fitur follow setelah ganti template. Ahaha...

      Hapus
  18. dari gambarnya, es itu menggoda

    BalasHapus
  19. Awal membaca Nini Thowong, jadi ingat sama Didi Nini Thowok. Hahaha. Btw es segar begini, mantul pas siang-siang panas. Bikin ngiler, Kak :D

    BalasHapus