24 September 2019

Lapangan Banteng
Lapangan Banteng itu apa sih? Buat yang belum tahu, boleh cek artikel di sini. Lapangan Banteng sering dipakai untuk kegiatan umum, namun yang rutin adalah kegiatan tahunan Pameran Flora Fauna. Selain itu, ada juga air mancur menari yang dapat ditonton setiap akhir pekan.
Nah, bagaimana caranya ke Lapangan Banteng dengan kendaraan umum? Gampang kok. Bisa menggunakan kendaraan umum berikut:
Commuter Line
Turun di Stasiun Juanda dan berjalan kaki melewati depan Kathedral Jakarta. Dari kejauhan sudah terlihat Monumen Pembebasan Irian Barat yang lumayan tinggi itu.
Selain itu, Lapangan Banteng juga cukup dekat dengan Stasiun Gambir. Tapi saya tidak menyarankan untuk geret koper atau bawa ransel ke sini, kecuali kalau memang menginapnya di sekitaran Pasar Baru. Bukan apa-apa. Jalannya relatif kurang nyaman untuk pejalan kaki.
Transjakarta
Koridor 2 (Pulo Gadung – Harmoni) ke arah Harmoni. Turun halte feeder busway Deplu. Tinggal jalan kaki melewati Hotel Borobudur.
Koridor 2A (Pulo Gadung – Kalideres) ke arah Kalideres. Turun halte busway Juanda. Jalan kaki melewati depan Kathedral Jakarta.
Koridor 2D (ASMI – Rawa Buaya) ke arah Rawa Buaya. Turun halte feeder busway Deplu. Tinggal jalan kaki melewati Hotel Borobudur.
Koridor 3 (Kalideres – Pasar Baru) ke arah Pasar Baru. Turun halte busway Juanda. Jalan kaki melewati depan Kathedral Jakarta.
Koridor 5C (PGC – Harmoni) ke arah Harmoni. Turun halte busway Juanda. Jalan kaki melewati depan Kathedral Jakarta.
Koridor 5H (Ancol – Harmoni) ke arah Harmoni. Turun halte busway Juanda. Jalan kaki melewati depan Kathedral Jakarta.
Koridor 7F (Kampung Rambutan – Harmoni via Cempaka Putih) ke arah Harmoni. Turun halte feeder busway Deplu. Tinggal jalan kaki melewati Hotel Borobudur.
Koridor 6H (Lebak Bulus – Senen) ke arah Senen. Tujun di halte feeder busway Lapangan Banteng 2. Ini sudah di depan Lapangan Banteng.
Koridor 6H (Senen – Lebak Bulus) ke arah Lebak Bulus. Tujun di halte feeder busway Lapangan Banteng. Ini sudah di depan Lapangan Banteng.
Catatan: Keterangan di atas tidak berlaku untuk arah sebaliknya, kecuali kalau dituliskan demikian. Jadi, contohnya, kalau naik bus Transjakarta koridor 2 tujuan Pulo Gadung, kita tidak akan bisa turun di halte feeder busway Deplu. Soalnya jalur busnya berbeda antara berangkat dan pulang.
Tambahan, kita bisa juga naik bus tingkat, lho. Tapi turunnya di Juanda (dekat Masjid Istiqlal). Setelah kita turun bus, bisa jalan kaki melewati depan Kathedral Jakarta menuju Lapangan Banteng. Bus tingkat yang bisa membawa kita kemari adalah:
BW1 (History of Jakarta) – menjelajahi daerah Kota Tua sampai Juanda
BW2 (Jakarta Modern) – menjelajahi sekitaran Jl. M.H. Thamrin
BW3 (Art & Culinary) – menjelajahi daerah Kota Tua dan Jl M.H. Thamrin
BW4 (Jakarta Skyscrapers) – menjelajahi Jl. M.H. Thamrin dan Jl. Jend. Sudirman
Nah, jadi berkunjung ke Lapangan Banteng?

4 Komentar: