28 September 2019

Bus antar kota dari Semarang.
Waktu saya dan keluarga sedang berwisata di Semarang beberapa bulan yang lalu, tiba-tiba kami mendengar kabar duka cita dari salah satu saudara yang tinggal di Yogyakarta. Tentu saja kami lalu memutuskan untuk segera menuju ke Yogyakarta agar dapat mengucapkan belasungkawa. Kami tidak menggunakan kereta Semarang – Yogyakarta karena jadwalnya terbatas. Untuk alasan fleksibilitas waktu, kami memutuskan untuk menggunakan bus antara kota.
Berhubung sebelumnya tidak ada satupun dari kami yang pernah naik bus dari Semarang ke Yogyakarta, kami browsing internet dulu untuk mengetahui di manakah bisa mengambil bus ke Yogyakarta. Muncullah nama Terminal Banyumanik. Karena hotel kami relatif di tengah kota Semarang, kami memutuskan untuk naik taksi ke Terminal Banyumanik.
Ternyata Terminal Banyumanik itu jauh, lho. Menurut saya lokasinya sudah mendekati Ungaran. Buat yang bisa mengatur perencanaan perpindahan kota dari Semarang ke Yogyakarta, sebetulnya ada pilihan travel antar kota. Biasanya travel semacam ini poolnya di tengah kota jadi lebih praktis. Hanya saja, karena waktu itu sedang sekitar libur Lebaran, semua travel sudah fully booked, pilihan kami hanya tinggal bus antar kota yang selalu ada.
Pemandangan saat perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta. Foto dari Grafitika.
Salah satu kota yang dilewati saat perjalanan.
Dari hotel kami di Ibis Budget Semarang Tendean sampai ke Terminal Banyumanik naik taksi itu sekitar setengah jam. Sebetulnya ada bus dalam kota seperti Trans Semarang, tapi kami takut kelamaan jadi mendingan pakai taksi. Untung bapak sopir taksi sudah tahu arah menuju Terminal Banyumanik, jadi kami tinggal duduk saja sampai tujuan. Tapi si bapak sendiri juga tidak pernah mencoba naik bus dari sini, jadi tidak tidak bisa memberikan referensi apa-apa.
Dan ... ketika kami sampai Terminal Banyumanik. Zonk ... Nggak ada bus sama sekali. Bisa jadi karena itu hari lebaran dimana bus-bus sudah berangkat. Tapi masa iya sih, sudah menunggu hampir setengah jam nggak ada bus sama sekali? Kami lalu berpikir lagi. Tiba-tiba saya ingat bahwa pernah ada yang bilang kalau bus-bus antar kota biasanya cari penumpang di terminal bayangan. Kami lalu naik sebuah angkot yang mengarah ke kota dan mencai terminal bayangan yang dimaksud.
Terminal Bayangan Banyumanik
Terminal bayangan Banyumanik letaknya di seberang Pasar Swalayan Ada. Kalau dari kota Semarang, letaknya sebelum Terminal Banyumanik yang sebetulnya. Kalau berminat naik bus Trans Semarang ke terminal bayangan ini, turunnya di halte Sukun 2.
Di hari-hari libur lebaran sekalipun, tetap ada bus yang siap mengantar penumpang ke berbagai tujuan. Saat kami tiba, jumlah bus yang ada di situ hanya sekitar 5 bus. Mungkin biasanya lebih banyak bus yang hilir mudik. Kami lalu memilih bus yang akan segera berangkat ke Yogyakarta.
Harga tiket bus bervariasi ya. Kemarin kami naik bus non-AC harganya kalau tidak salah lima puluh ribuan atau lebih. Maaf ya sudah lupa. Tapi mungkin itu harga lebaran.

Pasar Swalayan Ada yang ada di seberang terminal antar kota bayangan.
Perjalanan Naik Bus
Naik bus dari Semarang ke Yogya melewati beberapa daerah seperti Ungaran dan Magelang. Kota-kota yang asri dan menarik. Mungkin suatu saat saya akan mampir ke kota-kota ini. Sepanjang perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta, saya melihat pepohonan rimbun, hutan, perkampungan, deretan pertokoan, dan pasar.
Bus juga melewati danau yang cantik, yaitu Rawa Pening, di dekat Ambarawa. Selain itu, kita juga bisa melihat pegunungan di kiri dan kanan jalan. Perjalanan membawa kami melewati jalan yang naik turun di sekitaran Magelang dan lalu lintas yang semakin padat ketika memasuki Muntilan.
Tujuan Akhir
Sebetulnya rute bus dari Semarang ke arah Yogyakarta berakhir di Terminal Giwangan yang terletak di selatan Yogyakarta. Akan tetapi kami turun di Terminal Jombor yang terletak utara Yogyakarta. Kebetulan akses ke rumah saudara kami lebih mudah dari Terminal Jombor. Dari Terminal Jombor kami naik bus Trans Jogja.
Jadi, buat yang mau ambil bus antar kota dari Semarang, nggak perlu sampai ke Terminal Banyumanik. Cukup sampai di terminal bayangannya saja. Selain pilihan bus banyak, lebih praktis juga. Hanya saja, tempatnya memang tidak nyaman.
Begitulah pengalaman saya naik bus dari Semarang ke Yogyakarta. Ada yang punya pengalaman lain?

10 Komentar:

  1. Deg-degan juga ya mba kalau sudah jauh-jauh ke terminal Banyumanik ternyata nggak ada bus-nya :D untung mba ingat ada terminal bayangan hehe, kalau saya mungkin sudah speechless karena nggak punya pengalaman :/ saya jarang naik bus tapi pernah punya pengalaman, hanya saja bukan dari Semarang ke Yogyakarta melainkan dari Yogyakarta ke Surabaya naik bus Eka hihihi. Cuma saya lupa lupa ingat bagaimana perjalanannya, yang saya ingat hanya nyaman dan butuh 7 jam karena belum ada tol pada jamannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang naik bus antar kota jauh lebih cepat. Tol itu memang berguna banget.

      Hapus
  2. Seru juga naik bus antar kota gitu, bisa nikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

    BalasHapus
  3. Dibandingkan bus, aku lebih suka naik kereta, wkwk. Tapi bus bisa jadi pilihan biar aksesnya lebih gampang juga nih...

    acipah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal kenyamanan, mendingan kereta banget. Tapi kadang jadwalnya itu yang jadi kendala.

      Hapus
  4. Terminal bayangan juga bisa seketika ilang kalo lagi ada petugas DLLAJ.

    Mungkin petugas masih libur lebaran yah :)

    Beberapa kalo smg-yk naik travel krn hari2 biasa. Cmn macetnya di satu titik sebelum magelang klo gak salah bikin perjalanan terasa lama banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, naik travel lebih nyaman. Tapi kalau pas nggak dapat kursi, memang bus jadi pilihan yang paling fleksibel.

      Hapus
    2. Padahal perusahaan travel dah banyak masih bisa keabisan juga yah

      Hapus
    3. Apa sih yang nggak habis atau harganya naik di Lebaran?

      Hapus