25 Januari 2020

Daerah Kemang adalah daerah yang dikenal sebagai tempat kafe dan rumah makan ngehits di Jakarta Selatan. Area yang paling dikenal adalah Jl. Kemang Raya dimana rumah makan, klub, dan kafe populer berjajar. Area ini terutama terkenal di kalangan ekspatriat di Jakarta. Akan tetapi, dengan semakin padatnya jalan ini, semakin banyak kafe dan rumah makan baru yang tak kalah populer muncul di area lain tak jauh dari situ, yaitu di Jl. Kemang Timur.
Ada beberapa tempat makan yang saya tahu cukup populer di Jl. Kemang Timur seperti Waroeng Aceh Kemang yang selalu ramai di malam hari dan Ramurasa Cooking Studio. Di jalan ini juga terdapat Museum di Tengah Kebun (yang saya selalu ingin untuk berkunjung, tapi kok belum sempat janjian dengan pengurusnya).
Mulai bulan November 2019, ada bus Transjakarta yang jalurnya melewati Jl. Kemang Timur, yaitu bus Transjakarta koridor 5N (Kampung Melayu – Ragunan). Jalur bus ini juga melewati bagian dalam Tebet, namun jalur ke arah Ragunan dan ke arah Kampung Melayunya agak berbeda. Bus Transjakarta ini adalah bus Minitrans, alias hasil peremajaan bus Metromini.
Bus Transjakarta koridor 5N menunggu penumpang. Itu dekat toilet umum, cuma nggak kefoto aja.
Saya mencoba naik bus koridor 5N ini di tanggal 7 Desember 2019 yang lalu. Saya mencoba naik bus dari Kampung Melayu ke arah Ragunan. Saya tidak mencoba arah kebalikannya. Bus ini tidak dapat diambil dari halte busway Kampung Melayu. Bus ini parkir di depan toilet umum, tak jauh dari halte busway. Kalau mau naik bus koridor 5N tujuan Ragunan, kita harus naik dari area parkir ini. Biasanya ada satu atau dua bus yang sedang giliran menunggu penumpang di situ. Kita tidak bisa transit bus Transjakarta di sini. Kalau kita datang ke halte busway Kampung Melayu naik bus Transjakarta dan mau lanjut naik koridor 5N, ya harus bayar lagi. Alasannya, kita keluar halte untuk bisa naik bus tujuan Ragunan ini.
Dari Kampung Melayu, bus membawa penumpangnya ke arah stasiun Tebet, tapi berputar dulu di Jl. Otto Iskandardinata, melewati halte busway Bidara Cina. Nah, buat yang mau transit ke arah Ragunan dari PGC atau dari Kampung Rambutan, bisa ambil bus koridor 5N dari sini. (Ingat ya, tidak bisa transit ke koridor 5N di Kampung Melayu.)
Bus kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Tebet, namun tidak lewat stasiun Tebet. Bus ini naik flyover dan kemudian akan masuk ke Jl. Tebet Utara Dalam dan melewati daerah padat kafe dimana terdapat, antara lain Bakso Boedjangan dan Abuba Steak. Bus melanjutkan perjalanan melewati Jl. Tebet Raya dan berbelok di Jl. Prof DR Soepomo menuju ke Pancoran. Bus ini melewati Universitas Sahid.
Bus ini bisa transit di halte busway Pancoran Barat, halte Tendean, halte Mampang Prapatan, halte Duren Tiga, dan halte Imigrasi. Buat yang mau ke kebun binatang Ragunan dengan cepat, disarankan transit di Imigrasi atau Duren Tiga. Alasannya, bus koridor 5N (Kampung – Melayu Ragunan) jalurnya memutari kebun binatang lewat belakang. Waktu saya naik bus, petugas menginformasikan kepada penumpang bahwa bus akan mengambil jalur yang cukup jauh: melewati Kemang dan kemudian lewat pintu belakang kebun binatang Ragunan. Untuk yang mau langsung ke kebun binatangnya, sebaiknya transit dan ambil koridor 6 (Dukuh Atas – Ragunan).
Bagian dalam bus Transjakarta 5N. Bus ini adalah Minitrans. 
Bus menuju ke arah Pancoran.
Tapi kalau memang tujuannya mau turun di Jl. Kemang Timur, ya mau tidak mau memang hanya bisa naik bus koridor 5N. Bus ini melewati Jl. Kemang Timur, terus lanjut ke Jl. Ampera Raya. Di Jl. Ampera terdapat Arsip Nasional Republik Indonesia, Total Buah Segar Ampera, dan RSIA Kemang. Dari sini bus akan berputar di perempatan Pertanian, kemudian masuk ke Jl. Raya Cilandak KKO. Nah, bus akan berputar melewati sebelah selatan kebun binatang sebelum kemudian mengakhiri perjalanannya di terminal angkot Ragunan.
Nah, ini juga hal yang perlu diperhatikan. Tempat ambil bus Transjakarta koridor 5N jurusan Ragunan – Kampung Melayu tidak di halte busway Ragunan, melainkan di terminal angkot. Letaknya di luar areal terminal bus Transjakarta, jadi jalannya lumayan juga dari halte busway. Di sini tidak bisa transit, karena bus tidak mampir ke halte busway. Kalau mau pindah ke koridor 5N ya harus bayar lagi.
Jalur ke arah Kampung Melayu sedikit berbeda dari jalur datangnya. Bus tetap berputar melewati belakang kebun binatang, masuk ke Jl. Raya Cilandak KKO, lewat perempatan Trakindo, dan langsung menuju ke Jl. Ampera Raya dan Jl. Kemang Timur. Bus ini ke arah Kampung Melayu tidak lewat Imigrasi, karena masuk ke Jl. Warung Buncit Raya lewat perempatan KFC dan langsung ke halte busway Duren Tiga. Bus ini lewat Jl. Tendean tapi nggak bisa transit di halte busway Tendean. Bisa transit di halte busway Pancoran Barat, tapi habis itu nggak bisa transit lagi sampai ke tujuan akhir yaitu Kampung Melayu. Oh ya, bus ini tidak lewat kafe-kafe lucu lagi karena akan berbelok ke Jl. Tebet Utara I dan memutar di Jl. KH Abdulah Syafei (lewat depan hotel Harris Tebet) sebelum langsung terus ke arah Kampung Melayu.
Di Ragunan, bus Transjakarta 5N menunggu penumpang di terminal angkot.
Artikelnya panjang, ya? Jangan khawatir; berikut ringkasannya:
  • Koridor 5N ke arah Ragunan dari Kampung Melayu melewati Jl. Tebet Utara Dalam dan Jl. Tebet Raya
  • Koridor 5N ke arah Ragunan dari Kampung Melayu melewati Jl. Kemang Timur
  • Buat yang mau ambil bus koridor 5N dari Kampung Rambutan, transitnya di halte busway Bidara Cina
  • Buat yang mau ke Ragunan dari Kampung Melayu, sangat disarankan untuk transit di halte busway Imigrasi atau halte busway Duren Tiga, ambil bus jurusan Ragunan (koridor 6, 6A, atau 6B) karena lebih cepat dan jalurnya tidak berputar-putar.
  • Koridor 5N ke arah Kampung Melayu dari Ragunan melewati Jl. Kemang Timur
  • Koridor 5N ke arah Kampung Melayu hanya bisa transit di halte busway Duren Tiga dan halte busway Pancoran Barat
  • Bus Transjakarta koridor 5N bisa diambil di terminal angkot di dekat halte busway Ragunan dan di dekat toilet terminal Kampung Melayu di dekat halte busway Kampung Melayu
Gampang kan, ke mana-mana naik bus Transjakarta!

8 Komentar:

  1. wah mengulas perjalanan kota nih. asik juga mba

    BalasHapus
  2. Kalo untuk daerah daerah yang akan dilewati itu lihatnya dimana ya kak, takutnya juga salah naik kalo naik bus bus gini, maaf nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka aplikasi Trafi saja, kak. Ada di GooglePlay.

      Hapus
  3. Jadwal operasi rute ini dari jam berapa ke jam berapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari jam 05:00 - 22:00. Nggak tahu kalau pagi ya, tapi kalau sudah malam sih biasanya lama banget nunggunya.

      Hapus
  4. Lengkap ya bu

    Beneran inih, membernya transjak pasti.

    BalasHapus