16 Juni 2016

Taman Purbakala Cipari.
Taman Purbakala Cipari terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Letaknya di tengah kawasan penduduk, bukan di pinggir jalan raya. Kalau mau ke sini pakai kendaraan umum, paling enak ambil Elf tujuan Cirebon dari pertigaan Cigugur. Sopir Elf tahu harus turun di mana. Dari tempat turun Elf, tinggal jalan kaki dan muter-muter di kampung penduduk sampai ketemu Museum Taman Purbakala Cipari. Berhubung petunjuk jalan sangat minim, bertanya pada penduduk adalah satu-satunya cara untuk tiba di tujuan dengan selamat. Oh ya, di jalan saya sempat melihat angkot jurusan Cirendang – Cigugur lewat sini, mungkin itu bisa jadi alternatif transportasi dengan kendaraan umum.
Menurut buku panduan yang dijual di museum, daerah Taman Purbakala ini dulunya adalah tanah milik Bapak Wijaya dan beberapa tetangganya. Di tahun 1971, ditemukan batuan yang mirip dengan peti kubur batu. Selanjutnya dilakukan penelitian lanjutan dan di tahun 1978 Museum Taman Purbakala Cipari diresmikan oleh pemerintah.
Gedung Museum Purbakala Cipari.
Kompleks Taman Purbakala Cipari terdiri dari sebuah bangunan museum, taman yang memamerkan susunan batu hasil kebudayaan megalitik, dan beberapa bentuk rumah Sunda. Di dalam gedung museum, pengunjung dapat melihat beberapa barang yang ditemukan di situs seperti kapak batu dan gelang batu. Di situ juga ada foto-foto proses pengembangan situs Cipari. Sedangkan di taman terdapat peti kubur batu, punden berundak, dan juga menhir. Gedung museum terlihat tua yang tidak terlalu terawat, sementara Taman Purbakala terlihat rapi dan bersih. Mungkin tukang taman lebih rajin dari tukang sapu gedung.
Secara umum, kompleks Museum Taman Purbakala Cipari cukup baik untuk dikunjungi wisatawan. Dari segi kerapian dan penataan tamannya, tempat ini enak dilihat – dan bagus untuk tempat foto-foto. Tapi memang, perjalanan menuju ke sini butuh perjuangan tersendiri. Saat saya datang, gedung museum yang baru sedang pada tahap akhir penyelesaian, mungkin sekitar Lebaran 2016 gedung ini sudah jadi.
Peti kubur batu. Salah satu temuan pertama di situs Cipari.
Buat yang mau berkunjung ke Museum Taman Purbakala Cipari, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena tidak banyak penjual di sekitar sini.
(Selesai.)

2 Komentar:

  1. mantap... jadi pingin kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya memang asri, rapi lagi. Bisa jadi tempat wisata sekaligus tempat edukasi.

      Hapus