23 November 2018


Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Saya sudah kenal Blogger Perempuan Network sejak awal tahun 2018 ini, tapi baru mulai bergabung di beberapa bulan yang lalu. Jadi, beberapa kali saya blogwalking, saya menemukan banner Blogger Perempuan Network ini. Karena saya perempuan, saya pikir, boleh nih ikutan network ini. Ternyata, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi anggota Blogger Perempuan Network, yaitu:

Mempelajari tren blogging terkini
Setelah jadi member BPN, saya pun mulai blogwalking ke blog sesama anggota. Wah, ternyata desainnya cantik-cantik. Jujur saja, selama ini saya tidak terlalu banyak fokus pada desain blog. Yang penting menulis secara rutin, titik. Ternyata tren blogging sudah jauh banget ya.
Jadi, dengan jalan-jalan ke blog para tetangga ini, saya jadi tersadarkan untuk mengubah penampilan blog. Tapi sampai saat ini masih mencari theme yang tepat, sih. Soalnya blog saya kan bukan blog feminin, jadi harus cari theme yang netral. Hanya saja saya nggak khawatir, ada banyak informasi berguna mengenai desain blog yang bersliweran di BPN. Yang penting rajin mencari informasi.
Bisa ikutan lomba-lomba yang berhadiah
Setelah saya ikutan BPN, baru saya tahu, ternyata ada banyak banget lomba-lomba blogging. Tentunya, karena ini jaringan perempuan, tema yang diusung sudah pasti terkait dengan produk-produk perempuan. Tapi ikutan lomba sebetulnya pertama dan utama bukan soal hadiah, lho. Melainkan melatih fleksibilitas pikiran, supaya kita bisa menulis tentang apapun dan disesuaikan dengan karakteristik kita ataupun blog kita.
Setelah saya perhatikan, lomba mereview produk juga memberikan banyak manfaat, lho. Saya beberapa kali jalan-jalan ke blog mbak-mbak yang sudah jagoan, dan melihat contoh gaya tulisan yang memang cocok banget untuk promosi barang. Wah, itu layak dipelajari. Kalau kita serius mau menjadikan blog sebagai salah satu sumber uang, kemampuan promosi barang menjadi hal mutlak yang harus dikuasai oleh blogger. Dengan sering ikutan lomba-lomba, dan juga membaca karya-karya rekan-rekan yang sudah sukses, kita juga bisa belajar untuk menulis review produk yang menarik.
Menambah kenalan
Nggak bisa dipungkiri lagi, menjadi anggota suatu network otomatis menambah teman, kan. Dari cuma saling follow di instagram, terus ketemuan di event offline, kita bisa menambah relasi. Lumayan kan, semakin banyak teman-teman untuk sharing ilmu.
Buat yang belum join Blogger Perempuan Network dan berminat untuk join, bisa follow saja instagramnya @bloggerperempuan atau kunjungi websitenya di https://bloggerperempuan.co.id

6 Komentar:

  1. Iya mbak setujuu, saya juga belajar dari blogwalking anggota blogger perempuan hehehe salam kenal mbak! :D

    BalasHapus
  2. Salam kenal mbakk... rajin banget menulisnya jadi malu sayah hihihi...

    Kalau masih mencari tema yg cocok, coba jalan2 ke https://www.soratemplates.com/ mbak.. siapa tahu ada yg disuka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay, Mbak. Akan dicoba. Terima kasih infonya.

      Hapus
  3. Yess, bisa dapat banyak teman!

    BalasHapus