22 November 2018

Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Biasanya blog dengan tema travelling namanya nggak jauh-jauh dari kegiatan jalan-jalan. Contohnya antara lain pergidulu.com, virustraveling.com, dan naked-traveler.com. Kalau nggak, ya pakai nama pribadi, seperti winnymarlina.com atau kadekarini.com. Alasannya sudah pasti: mudah diingat orang. Terus, kenapa nama blog ini sukasukadee.com?
Sebetulnya waktu pertama kali saya membuat blog ini, maksud saya adalah latihan untuk menjadi blogger beneran. Jadi, nama blog bukan prioritas. Yang penting ada dulu. Sambil belajar gimana caranya blogging, rencananya saya mau membuat blueprint blog yang “beneran” yang lebih menjual. Sengaja saya nggak mau pakai nama pribadi, karena tadinya blog ini sifatnya privat, tidak boleh diketahui keberadaannya oleh keluarga dan teman. (Supaya saya bisa jalan-jalan dengan santai tanpa ditanya-tanya kapan pergi lagi dan mana oleh-olehnya.)
Tadinya sempat mencari-cari ide nama blog yang nuansanya jalan-jalan. Tapi terus, saya takut tidak bisa memenuhi ekspektansi orang, yaitu tulisan tentang jalan-jalan yang rutin. Lha gimana, belum tentu ada uang untuk jalan-jalan selanjutnya. Jadi saya lalu mencari nama yang cukup fleksibel untuk bisa memuat beberapa tema artikel – siapa tahu ada masanya dimana saya tidak punya uang atau waktu untuk jalan-jalan dan terpaksa mengisi blog dengan tulisan yang tidak ada kaitannya dengan travelling.
Itulah sebabnya saya kemudian memilih nama sukasukadee, yang artinya ya suka-suka Dyah dong! (Dyah itu nama saya, ya.) Bahkan, di keterangan judul blog (blog description), saya menuliskan “Jalan-jalan, isi waktu luang ... apa saja yang menyenangkan!” Jelas kan, isinya bisa tentang macam-macam. Tadinya, sempat kepikiran, kalau lagi bokek, tulisannya tentang hobi yang bisa dikerjakan di rumah saja, seperti membaca buku atau menonton film. Untungnya sampai sekarang saya tetap konsisten menuliskan tentang jalan-jalan.
Nama blognya sih, ngasal. Suka-suka dong, mau jungkir balik atau koprol ke belakang.
Tadinya, supaya mudah dan gratis, alamat blog saya adalah sukasukadee.blogspot.com. Tapi setelah sekitar setahun, saya khawatir kalau-kalau harus pindah host untuk blog. Siapa tahu, blogspot punya kebijakan baru yang membuat saya harus hengkang. Repot kan. Makanya saya lalu memutuskan untuk register domain .com. (Kenapa .com? Ya karena itu yang paling dikenal orang.) Jadilah blog ini adalah www.sukasukadee.com. Itu bukan hanya alamat, ya. Itu juga menjadi nama blog ini. Kalau saya harus pindah hosting, paling tidak alamatnya tidak akan berubah.
Dan hingga saat ini, nama blog ini belum juga berubah. Padahal sekarang orang kalau mengetik tidak perlu pakai www. Terus, nama blog yang harusnya cuma buat latihan, kini menjadi nama blog yang aktif hingga sekarang. Sebetulnya sempat mikir untuk ganti blog yang namanya lebih keren. Tapi ... ya sudah lah. Alamat www.sukasukadee.com sudah terlanjur masuk ke hasil pencarian Google. Sayang kan, kalau harus mulai dari nol lagi. Paling tidak, isinya tidak seasal-asalan nama blognya.

4 Komentar:

  1. Apapun tulisannya tetap harus serius ya. Mbak Dyah konsisten dengan tulisan jalan2.

    BalasHapus
  2. Yuhhuuu, suka-suka kak dee lah yg penting happy 😘 justru namax mnrtku unik, its like jus the way you are 😊 smngt bloggingnya mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih! Sama-sama, semoga sukses blognya ya.

      Hapus