28 November 2018


Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Bingung mau jalan-jalan ke mana? Sepertinya kaki sudah siap melangkah, tapi ragu-ragu? Mau nyemplung sekalian atau gimana nih? Tidak perlu khawatir, karena sudah ada orang-orang lain yang pergi ke tempat-tempat yang kita inginkan, dan mereka menuliskan pengalamannya di dalam blog. Berikut ini lima orang (atau pasangan) blogger yang bisa dijadikan pedoman kalau mau mencari inspirasi jalan-jalan.
Sebelum melangkah, cek dulu informasi dari kelima travel blogger berikut.
Saya yakin kebanyakan traveller sudah pernah mendengar nama blog ini. Pengelolanya adalah pasangan suami istri, Dina dan Ryan, yang keliling dunia sejak tahun 2009. Pengalaman backpacking selama bertahun-tahun itu dituliskan di dalam blog mereka. Gaya penulisannya asyik, dan foto-fotonya keren. Saya juga mengikuti instagram mereka karena foto-fotonya bagus.
Kelebihan dari blog Dua Ransel ini adalah, mereka tidak hanya bercerita tentang perjalanan mereka, namun mereka juga memberikan banyak tips-tips yang terkait dengan travelling. Bukan hanya tips yang terkait dengan tujuan wisata tertentu, namun juga tips untuk fotografi, packing, dan juga barang-barang yang wajib dibawa kalau mau jalan-jalan (ke luar negeri).
Mbak yang satu ini sepertinya sudah terkenal banget sehingga tidak perlu dijelaskan lagi siapakah dia. Sudah ada belasan buku yang ditulis mengenai pengalamannya travelling. Bahkan, ada juga bukunya tentang jalan-jalan keliling dunia selama satu tahun! Buku ini cocok banget untuk menjadi acuan kita-kita orang Indonesia yang mau jalan-jalan dalam jangka waktu lama ke luar negeri. Kalau saya browsing-browsing tentang jalan-jalan keliling dunia, mayoritas penulisnya adalah warga negara Amerika yang paspornya memang cukup sakti. Jadi kadang nggak cocok untuk dijadikan contoh itinerary perjalanan. Pengalaman Mbak Trinity ini lebih dekat dengan kita karena paspornya kan sama-sama Indonesia.
Blognya, The Naked Traveler, tidak secantik blog-blog travel lainnya. Tapi memang bukan itu yang penting. Mbak Trinity ini jago banget bercerita. Artikelnya lebih berbentuk anekdot, jadi lebih terasa nyata. Tulisannya umumnya lebih menggambarkan kejadian lucu, bukan sekedar cerita jalan-jalan biasa. Membaca blognya bisa membuat pembacanya tertawa-tawa sendirian.
Ini juga pasangan backpacker. Kayaknya seru ya, keliling dunia bersama pasangan. Pasangan ini sudah keliling dunia, bahkan sempat mampir di Patagonia di Chile. Mereka juga menulis buku, lho. Foto-foto yang dipasang di instagram membuat saya semangat menabung untuk bisa keliling dunia.
Kelebihan blog ini adalah dari gaya berceritanya. Artikel yang ditulis cenderung detil dan praktis. Banyak tips yang terkait dengan jalan-jalan. Membaca artikel di blog ini nggak pakai pusing kebanyakan mikir. Kalau diumpamakan makanan, isinya langsung disuapin ke otak kita.
Mbak Winny Marlina ini pengalamannya banyak. Beberapa kali waktu saya browsing tentang tujuan wisata, blognya muncul ke halaman pertama hasil pencarian di Google. Terus, tidak hanya bercerita tentang jalan-jalan ke luar negeri, blognya juga membahas tentang perjalanan di dalam Indonesia, bahkan di sekitaran Jakarta.
Kelebihan blognya Mbak Winny ini adalah, penjelasannya lengkap. Karena Mbak Winny ini adalah (sepertinya) pegawai kantoran yang suka jalan-jalan, jadi gaya berpikirnya cocok untuk orang-orang yang memang hanya bisa travelling pas cuti atau libur. Terus, karena dia memang orang Indonesia yang tinggalnya di Indonesia, pengalamannya tentang proses pembuatan visa untuk negara lain bisa jadi panduan kita waktu mau mengajukan visa juga.
Saya pertama kali tahu blognya juga dari instagram. Memang sekarang instagram penting banget untuk promosi blog ya. Mbak Eka sudah jalan-jalan ke banyak tempat, dan reviewnya bisa dijadikan acuan kalau kita memilih tempat wisata. Isi blognya tidak sepenuhnya soal travelling, karena kadang-kadang ada tips-tips yang tidak berhubungan dengan perjalanan. Kan juga namanya blog pribadi, jadi tulisannya kadang campur-campur.
Kelebihan blognya Mbak Eka ini adalah kisah-kisahnya yang unik dan belum tentu dialami oleh orang lain. Dia pernah menulis pengalaman yang berhubungan dengan hantu di Amerika. Pernah juga makan ulat sagu hidup-hidup di Papua.
Itulah lima travel blogger yang sangat layak dijadikan rujukan kalau ada yang perlu ide-ide wisata atau tips jalan-jalan. Ada yang jadi favoritmu juga?

6 Komentar:

  1. aku juga suka semuanya mbaaa...dengan Eka CeritaEka aku malah udah ketemuan di New York City hehehe..kita janjian bareng ke Sephora. I love traveling as well dan they're really a great traveler! Salam kenal yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... saya cuma pernah ketemu Mbak Trinity di launching salah satu bukunya di sebuah mall. Tapi kalau kenal langsung, nggak pernah. Salam kenal juga ya.

      Hapus
  2. Mereka travel blogger yg sudah menjelalah kemana2 ya mbak....layak jadi sumber inspirasi

    BalasHapus
  3. kalo mbak eka saya tau dari buku tentang Blog mbak, alhamdulillah membantu banget... #jejakbiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau melihat blogger yang sudah profesional begitu, jadi nambah ilmu ya.

      Hapus