9 Desember 2018


Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Apa yang dilakukan pembaca di hari libur? Bagi saya, hari libur menjadi salah satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan di hari kerja. Contoh kegiatannya, antara lain, adalah bangun siang. (Ketahuan, deh.) Satu kegiatan lain yang hanya dapat saya lakukan di hari libur adalah berenang.
Ini foto waktu masih belajar berenang di Mangala Wanabakti tahun 2014.
Oh ya, saya baru belajar berenang sekitar empat tahun yang lalu, lho. Tapi paling tidak saya sekarang sudah bisa bolak-balik berenang di kolam renang dengan ukuran separuh ukuran olimpiade. Lumayan, kan ... Nah, ternyata, berenang memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, loh. Berikut manfaatnya..
Membantu pernafasan
Pada saat berenang, kita harus bisa mengatur nafas dengan teratur dan konsisten. Nggak bisa serampangan, karena kita kan nggak mau ambil nafas di dalam air. Bisa gelagepan di tengah kolam, nantinya. Ternyata, berenang membantu kesehatan jantung dan paru-paru, lho. Berenang melatih badan kita untuk menggunakan oksigen secara efisien.
Menggerakan seluruh otot badan
Pada saat berenang, seluruh bagian tubuh harus bergerak. Tangan, kaki, bahkan otot di bagian dada dan punggung pun juga harus bergerak. Jadi, berenang membantu kita menggerakkan otot yang biasanya tidak dilatih. Akan lebih baik lagi kalau kita menggunakan beberapa gaya berenang secara bergantian, sehingga otot yang aktif digunakan akan berbeda-beda.
Tidak memberikan beban berlebih pada persendian dan tulang
Karena kerapatan air lebih tinggi dari pada udara, saat berenang, berat badan kita ditumpu oleh air. Akibatnya, setiap kali kita bergerak, tekanan terhadap persendian dan otot tidak sebesar kalau kita berlari atau melakukan aktivitas lain. Akibatnya, olah raga berenang cocok untuk orang-orang yang mengalami masalah dengan persendian, sekaligus mengurangi kemungkinan cedera akibat olah raga yang berlebihan. Oh ya, ini juga sebabnya mengapa olah raga berenang bisa dilakukan oleh segala usia.
Berenang, dong.
Itulah tiga manfaat berenang yang sebenarnya sudah saya rasakan sejak saya mulai bisa berenang. Mungkin ada yang belum bisa berenang, dan ingin belajar berenang? Belajar berenang bisa di mana-mana, tapi kalau saya dulu, saya belajar berenang di kolam renang Mangala Wanabakti. Alasannya adalah, tempat ini nggak terlalu ramai, dan harganya relatif murah dibandingkan dengan tempat kursus berenang yang lain. Tapi karena saya kursus berenang di tahun 2014, jadi sepertinya harga saya kursus dulu sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang, ya.
Oh ya, rajin berenang juga berguna untuk orang-orang yang suka travelling lho. Berenang menjaga stamina badan sehingga kita tidak mudah capek waktu banyak jalan kaki saat bepergian. Selain itu, kalau kita bisa berenang, kan bisa memanfaatkan kolam hotel waktu lagi nginep. (Aji mumpung banget, yah.) Tapi yang jelas, kita juga akan lebih percaya diri waktu berenang di tempat-tempat wisata (yang aman, ya) seperti pantai atau sungai. Tentunya harus selalu waspada karena alam lebih tidak dapat diduga dibandingkan dengan kolam renang.
Jadi, itulah salah satu kegiatan yang saya lakukan di hari libur. Lumayan, kan. Bermanfaat untuk tubuh. Yuk, berenang!

Informasi mengenai manfaat berenang didapatkan dari: 
https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/take-the-plunge-for-your-heart

0 Komentar:

Posting Komentar