4 Desember 2018


Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang paling populer. Sudah jamak, kalau sedang kumpul-kumpul, atau bahkan reunian sekolah untuk emak-emak, yang ditanya, “IG-nya apa?” Sebagai media yang menggunakan foto/gambar sebagai media informasi utama, memang instagram lebih mudah dinikmati di mana-mana. Saya sendiri sering menjumpai penumpang Transjakarta atau Commuter Line yang asyik sendiri dengan instagram di handphonenya.
Pakai instagram, dong.
Tema tantangan dari BPN 30 Day Blog Challenge kali ini adalah menyebutkan sepuluh akun instagram favorit. Jujur saja, saya tidak punya akun instagram yang benar-benar favorit. Tapi memang ada sih, akun yang gambar-gambarnya berhasil membuat sawa berhenti scroll down waktu membuka aplikasi instagram di handphone. Berikut sepuluh akun instagram yang menurut saya menarik. Oh ya, daftar ini bukan berdasarkan urutan apapun, ya.
Ini adalah akun dari versi online majalah National Geographic yang khusus untuk artikel tentang Travel. Semua foto diambil oleh fotografer profesional yang bekerja sama dengan National Geographic. Dapat dipastikan, semua foto-fotonya cantik dipandang. Untuk yang cinta foto-foto alam keren, wajib banget follow akun ini.
Ini adalah akun promosi resmi dari Kementrian Pariwisata. Fotonya bisa didapat dari fotografer profesional ataupun pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Kemetrian Pariwisata. Bisa juga hasil repost dari akun lain. Tapi yang jelas, seluruh foto-foto di sini menampilkan keindahan Indonesia. Kalau lihat foto-foto di sini, dijamin semangat menabung untuk keliling Indonesia.
Ini adalah akun milik Kementrian Pariwisata. Kalau yang tadi adalah akun promosi tempat wisata, kalau yang ini adalah akun public relation-nya. Jadi, akun yang ini isinya adalah informasi yang terkait dengan kepariwisataan Indonesia. Walau kadang-kadang saya cuekin karena isinya hanya bapak-bapak pidato, namun ada kalanya informasi yang disampaikan berguna. Seluruh informasi perlombaan dan juga kegiatan kepariwisataan nasional selalu disampaikan melalui akun ini.
Saya sudah tulis di artikel sebelumnya tentang Travel Blogger inspirasional mengenai kenapa saya suka dengan blognya Mbak Trinity ini. Wajarlah kalau saya juga follow akun instagramnya. Foto-fotonya bagus-bagus dan menunjukkan kalau beliau ini sudah pergi ke mana-mana.
Akun instagram milik Travel Blogger Susan & Adam ini sudah pasti membahas tentang foto-foto perjalanan mereka. Foto-fotonya bagus-bagus. Emang pasangan ini jago memotret, sih. Mayoritas fotonya bertemakan pemandangan alam dan bukan sekedar tempat wisata biasa, makanya saya suka banget. Foto-fotonya diambil dari berbagai negara, dan dijamin bikin kita pengin buru-buru beli tiket pesawat buat pergi dulu.
Akun milik Kenny Santana ini juga bagus-bagus fotonya. Tapi kalau Mas Kenny ini kayaknya lebih sering jalan-jalan di kota atau tempat wisata dibandingkan di alam terbuka. Foto-fotonya banyak menunjukkan suasana kota atau hotel atau resort. Kadang-kadang fotonya diambil dari angle yang unik, jadi menarik untuk dilihat.
Akun milik Salman Faris ini memuat foto-foto perjalanannya. Dia kadang suka cerita panjang di penjelasan fotonya, jadi kita juga seolah-olah ikut merasakan pengalamannya saat foto itu diambil. Oh ya, menurut saya, mayoritas foto-fotonya bernuansa warna biru. Tapi itu mungkin kahyalan saya karena nama akunnya Salmanbiroe ya?
Menurut penjelasan di bio, Said adalah penjelajah dunia yang aslinya tinggal di Belgia. Foto-fotonya diambil dari berbagai pelosok dunia. Kerennya lagi, setiap foto selalu diberi penjelasan yang lumayan detil tentang tempat yang dia foto. Jadi, baca keterangan fotonya, kita juga belajar sejarah. Kalau dia sedang rajin, penjelasan fotonya dalam tiga bahasa: Inggris, Perancis, dan Spanyol. Tapi kalau dia lagi males atau mungkin buru-buru, penjelasannya cuma dalam bahasa Perancis. (Ya kan orang Belgia, itu bahasa ibunya.) Lumayan juga, bisa membantu belajar bahasa Perancis.
Akun milik Tobias yang berasal dari Jerman ini banyak menampilkan foto alam, terutama foto serangga dan hewan laut. Di websitenya (yang berbahasa Jerman), dia mengaku sebagai seorang pemain flute. Tapi foto-fotonya nggak ada satupun yang bernuansa musik. Semuanya pemandangan alam. Dia juga pernah ke Indonesia, lho, soalnya ada foto-foto yang diambil waktu dia diving di dekat Labuan Bajo. Yang saya suka dari akunnya adalah foto hewan laut, soalnya saya nggak bisa lihat langsung aslinya.
Tim Warrington adalah seorang travel writer asal New Zealand. Sepertinya, selain penulis, dia juga seorang fotografer. Soalnya, foto-fotonya keren banget. Saya curiga dia adalah salah satu kontributornya National Geographic, tapi kecurigaan ini belum terbukti. Yang jelas, foto-fotonya menunjukkan bahwa dia profesional banget. Entah kenapa, dia selalu bisa menemukan angle yang pas untuk dapat gambar yang cantik.
Itulah sepuluh akun instagram yang menurut saya menarik. Kalau menurut kalian, akun Instagram mana yang juga menarik?

6 Komentar:

  1. NatGeo dan Trinity oke punya memang hahaha 🤗😁 makan

    BalasHapus
  2. Suka ngakak kalau lihat instastory Kartuposinsta

    BalasHapus
  3. Ga follow babang Nicolas Saputra? Traveller ganteng.. #Eh :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh? Malah gak follow dia tuh. Kenapa ya...

      Hapus