5 Desember 2018


Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Tema kali ini adalah sepuluh blog favorit untuk blogwalking. Sejujurnya ya, saya tidak punya blog favorit untuk blogwalking. Saya bisa cari blog untuk dikepoin dengan sembarang kata kunci di Google Search, asal klik di grup blogger (Blogger Perempuan Network, Celoteh Backpacker, ID Corners), klik bio di sembarang akun Instagram, atau buka-buka postingan terbaru di grup blogger lain di Google+ Communities. Nggak mungkin saya rutin ngecek beberapa blog tertentu saja karena saya pasti bosan dengan gaya cerita yang sama terus-menerus. Dengan mengunjungi banyak blog, saya juga mendapatkan banyak informasi dan bisa membaca banyak gaya menulis.
Blogwalking juga perlu, lho.
Tapi kalau disuruh menuliskan sepuluh blog yang direkomendasikan untuk blogwalking ... Ya bisa saja sih. Favorit kan berarti kita merasa blog itu punya kelebihan yang patut dibagikan pada orang lain. Sebagai blogger kelas pemula seperti saya, ya sudah pasti banyak banget blog yang saya kagumi isinya. Nah, lima diantaranya, ya yang ada di artikel tentang blogger inspirasional. (Yah aneh kan, kalau saya bilang inspirasional tapi nggak masuk dalam list blogwalking.) Jadi, tinggal tambah lima blog lagi untuk dimasukkan ke dalam list. Lima blog tambahan yang saya masukkan dalam daftar ini adalah blog yang aktif (baik promosi lewat instagram atau via komunitas bloger) dan jadinya saya sering baca artikelnya. Jadi, bukan berarti blognya Mbak atau Mas yang sedang baca ini jelek makanya nggak masuk dalam daftar ya. Ini hanya karena kebetulan saya mendapatkan exposure yang tepat saja.
Oke, langsung saja, sepuluh travel blog yang layak masuk dalam daftar blogwalking.
Blog ini milik pasangan Dina dan Ryan. Di artikel sebelumnya sudah diceritakan kan, kenapa pasangan blogger ini keren. Nah, blognya juga sekeren yang punya. Kalau mau tahu, langsung dicek saja blognya.
Yang ini juga sudah terkenal banget sampai tidak perlu dibahas lebih lanjut. Pemiliknya adalah Mbak Trinity yang sudah menerbitkan banyak buku tentang travelling. Trinity sekarang agak jarang update blognya karena sepertinya sedang menyelesaikan buku terbaru. Tapi tetap stay tuned ya, siapa tahu ada perkembangan baru.
Sudah banyak ceritanya tentang blog milik pasangan globe trotter ini ya. Pasangan Adam dan Susan sudah jalan-jalan ke berbagai penjuru dunia serta bisa bikin sirik pembacanya. Buat yang ingin tahu, ya langsung saja cek blognya ya.
Saya juga sudah cerita tentang Mbak Winny Marlina, pemilik blog ini. Blognya isinya agak campuran sih, jadi buat yang nggak terlalu suka baca tentang certa jalan-jalan juga masih bisa berkunjung ke sini.
Blognya Mbak Eka ini juga tidak selalu isinya tentang jalan-jalan. Baca tulisan di blog ini seru. Jadi yang penasaran, bisa langsung baca saja isinya. Ini adalah blog yang terakhir yang masuk ke dalam artikel tentang travel blogger inspirasional sebelumnya. Lima blogger selanjutnya adalah yang karena exposure, memang saya jadinya sering baca artikelnya. Tapi bukan berarti blog mereka nggak keren, lho.
Blog ini cukup sering diupdate. Pemiliknya, Mbak Evi, sepertinya memang pengusaha yang sering jalan-jalan. Isinya secara konsisten membahas tentang travelling. Pengalamannya banyak dan gaya bahasanya juga enak. Cocok untuk dikepoin secara rutin.
Yang punya blog adalah seorang asal Indonesia yang kerja di Singapura dan sering business travel ke Australia. Jadi, isi blognya adalah pengalamannya di Singapura, Indonesia, dan Australia. Terus kebanyakan blognya adalah tentang review hotel. Saya jadi baca blognya gara-gara pemiliknya, Mas Fasa, aktif banget instagramnya.
Sebetulnya ini blog campuran. Tapi kalau pas lagi membahas tentang jalan-jalan, dia akan banyak membahas tentang wisata di sekitaran Flores. Nggak heran, karena pemiliknya, tinggal di daerah Ruteng, Flores. Tapi penulis untuk blog ini ada beberapa orang, jadi mungkin blog ini hasil kerja sama beberapa orang. Saya umumnya hanya baca bagian travelling dari blog ini. Untuk bagian lain, saya terus terang tidak banyak membaca.
Blog ini aktif dan ceritanya seru. Ceritanya macam-macam, nggak cuma tentang travelling saja. Bunda Myra, yang punya ini, memang pintar bercerita. Oh ya, ada juga artikel yang terkait dengan hidup berkeluarga. Buat yang penasaran, boleh langsung datang saja ke blognya.
Travel bloger ini cukup aktif mengisi blognya. Gaya jalan-jalannya backpackeran, dan sudah jalan kemana-mana. Sepertinya hidupnya cuma jalan-jalan terus. Pengalamannya banyak, jadi bisa dijadikan referensi kalau mau jalan-jalan. Kalau baca blognya, dijamin langsung packing dan berangkat ke tujuan.
Itulah sepuluh blog yang bisa dimasukkan ke dalam daftar blogwalking. Ada yang mau menambahkan?

8 Komentar:

  1. Hwah duaransel itu warbiyasah memang. Kagum sama mereka 🤗🤗🤗 Juga yang lain-lainnya. Ranalino kalau tidak salah di Manggarai (Flores) ya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Ranalino memang berbasis di Flores.

      Hapus
  2. Wah mba dyah emang suka banget ya sama blog pergidulu, emang keren sih blog pasangan itu, koq bisa ya saling bersinergi buat blog yg kece badai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... itu pasangan yang berhasil membuat saya sirik.

      Hapus
  3. Aku BW dari komunitas. Random aja baca postingan teman-teman blogger. Tapi kadang aku kangen aja baca tulisan blogger A, aku kepoin blognya. Aku juga suka blognya anak-anak muda yang suka traveling, tulisannya nggak biasa, tapi seru. Kemudian jadi saling BW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... kadang jadi saling BW terus rasanya udah kenal banget. Padahal ngobrol juga gak pernah.

      Hapus
  4. Asiik aku masuk daftar. Terima kasih, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus