15 Desember 2018

Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Jujur saja, saya bukan tipe orang yang suka dandan. Bahkan, saya sangat jarang sekali menggunakan make-up. Jadi kalau ditanya soal kelengkapan dandan, nilai saya pasti nol besar. Akan tetapi, yang namanya kesehatan kulit juga bisa mempengaruhi kesehatan badan secara keseluruhan. Bibir pecah-pecah bisa membuatnya terluka, kulit terlalu kering bisa gatal dan mudah lecet. Repot kan. Jadi, ternyata ada produk kecantikan yang tidak hanya mempercantik namun juga efektif untuk membantu menjaga kesehatan kulit.
Menjaga kesehatan kulit saat travelling itu penting, lho. Misalnya saat di tepi pantai.
Berikut ini adalah lima produk yang perlu dipersiapkan untuk menjaga kesehatan kulit saat travelling.
Banana Boat Sunscreen Ultra Protect Faces Lotion SPF 50
Ini adalah sunscreen khusus untuk wajah. Jadi krimnya lebih lembut dan tidak membuat perih kulit muka. Tahu kan, kulit muka lebih sensitif dibandingkan kulit badan. Saya pakai produk ini kalau pergi ke pantai. Untuk hasil yang maksimal, oleskan lotion secara berkala ketika bermain-main di tepi pantai. Kalau ditanya apakah produk ini membantu membuat kulit tetap berwarna terang atau putih, saya akan bilang: tidak. Orang kalau berpanas-panasan, pasti kulitnya akan menggelap. Tapi paling tidak, sunscreen ini membuat muka tidak perih terbakar sinar matahari dan tentunya melindungi dari sinar UV. Oh ya, jarang lho ada produk sunscreen khusus wajah, makanya saya senang dengan produk ini. Saya memakainya terutama kalau berenang.
Banana Boat Sport Sunscreen Lotion 110 SPF
Mungkin ada yang tanya, buat apa SPF tinggi-tinggi? Perlu banget, kalau kita mau jalan-jalan di pantai. Kalau mau snorkeling, mengoleskan sunscreen ini juga dianjurkan. Jadi, kulit tidak langsung terbakar karena sinar matahari. Sebetulnya, paparan matahari pada kulit saat berenang sama saja dengan kalau kita di luar air, akan tetapi, karena kulit langsung menyentuh air, jadinya tidak terasa. Padahal, ya tetap saja merusak kulit. Oh ya, tapi untuk yang berkulit sensitif, produk dengan SPF yang tinggi tidak disarankan. Ada teman yang pernah minta lotion ini dan malah jadi gatal-gatal. Tapi kalau saya sih, baik-baik saja.
Banana Boat Aloe After Sun Gel
Ini adalah lotion yang dioleskan setelah kulit kita terpapar sinar matahari. Tujuannya sebetulnya hanya untuk mengurangi rasa panas atau perih di kulit akibat sinar matahari. Menurut saya sih, tidak ada fungsi lainnya. Begitu dioleskan di kulit, rasanya langsung adem. Cocok kalau kita habis berenang di pantai.
Vaseline Petroleum Jelly Original 
Jelly ini fungsinya adalah membantu menjaga kelembaban kulit. Menurut saya, fungsinya seperti lapisan lilin. Tujuannya untuk mencegah menguapnya air dari dalam tubuh. Berguna banget di tempat yang sangat kering, yaitu daerah yang jauh dari laut (misalnya di sekitaran Eropa) atau jika bepergian di musim gugur. Saran saya sih, kalau pergi ke negara benua (bukan kepulauan) biasakan bawa pelembab kulit karena kalau kulit kita kan lebih sensitif terhadap udara kering. Kata yang sudah berpengalaman, lotion ini juga cocok untuk dioleskan di kulit saat musim dingin, supaya kulit tidak pecah-pecah. Tapi karena saya belum pernah bepergian di musim dingin, ya belum tahu.
Vaseline Lip Therapy Original
Kalau berada di negara yang kering banget, bibir lebih mudah pecah-pecah. Nah, kalau sudah begitu, makan minum pasti tidak nyaman. Padahal waktu jalan-jalan adalah waktu untuk mencicipi hidangan khas negara lain. Sayang kan. Itulah sebabnya, saya menggunakan pelembab bibir agar tidak mudah pecah. Selain itu, karena saya tidak mengunakan lipstick, pelembab bibir membuat warna bibir saya lebih jelas.

Oh ya, untuk catatan, kelima produk di atas tidak saya pakai sehari-hari ya. Semua produk sunscreen dan after sun hanya dipakai kalau saya berenang atau pergi ke pantai. Kalau jalan-jalan di kota, saya tidak pakai. Produk pelembab kulit hanya dipakai kalau ke tempat dingin atau kering. Kalau sehari-hari, saya tidak pernah pakai pelembab. Pelembab bibir lebih sering dipakai, tapi juga tidak sehari-hari.
Kenapa informasi ini saya sampaikan, karena secara umum zat kimia buatan tidak baik untuk kulit. Kalau mau menjaga kulit, lebih baik ya pakai baju yang tertutup sehingga kulit terlindungi. Sedangkan untuk kelembaban kulit, menurut saya sih, jangan lupa banyak minum juga. Kasus dimana saya merekomendasikan produk kesehatan di atas adalah kasus khusus yang memang membutuhkan perlindungan tambahan. Yang penting kan, menjaga kesehatan. Ya, kan?

0 Komentar:

Posting Komentar