19 Desember 2018


Artikel ini dibuat sebagai bagian dari BPN 30 Day Blog Challenge
Tanpa terasa, hari ini sudah hari terakhir dari BPN 30 Day Blog Challenge. Seru banget 30 hari terahir ini jungkir balik memaksakan diri supaya selalu ada artikel sesuai tema selama tiga puluh hari. Betul-betul membuat saya melihat apa saja kelebihan dan kekurangan saya dalam hal penulisan artikel.
Bisa dikatakan, ngeblog adalah salah satu hobi saya. Tidak perlu ada challenge apapun, hampir setiap akhir pekan, selalu ada waktu yang disediakan untuk ngeblog. Tiap haripun, pasti mengusahakan untuk mampir ke blog sebentar. Saya selalu penasaran: Apakah yang berkunjung banyak? Apakah ada komentar? Apakah ada yang salah ketik dan belum dikoreksi? Dan setiap kali saya memeriksa blog, saya bisa berlama-lama.
Memang ngeblog itu menyenangkan. Tapi itu hobby ya. Bukan pekerjaan. Jadi sebetulnya, saya belum rela menerakan target pada blog saya. Maunya sih, sesuka saya saja. Kan sukasukadee, suka-suka Dyah. Tapi nggak ada orang maju kalau nggak berani pasang target ya. Mau nggak mau, kalau memang minat, harus berani pasang target.
Pasang target untuk mencapai puncak. Berani?
Nah, untuk tahun 2019, saya punya target harus bisa posting 5 kali sebulan. Sejauh ini, saya sudah bisa posting seminggu sekali secara rutin. Pokoknya setiap hari Sabtu ada artikel baru. Nah, sekarang saya ikut 30 Day Challenge ini, kalau artikel ini berhasil tampil, berarti saya sebenarnya bisa posting lebih sering lagi. Tapi pakai berdarah-darah sih... Hanya saja, artinya, untuk posting lima kali sebulan, sebenarnya masih memungkinkan untuk saya.
Satu lagi target: ganti template yang lebih bagus dilihat. Setelah ikutan Blogger Perempuan Network, saya jadi nyadar pentingnya tombol untuk share, perkenalan, dan kontak admin. Jujur saja, sebelum ini saya nggak merasa itu penting. Selama saya posting rutin, itu sudah cukup. Toh saya juga belum berminat cari uang via blog. Tapi sekarang bukan masalah penghasilannya, namun mengenai bagaimana supaya blog ini menjadi lebih akrab dengan pembacanya. Ternyata, template dan semua "hiasan-hiasan" itu penting.
Jadi, itulah target blog saya di tahun 2019. Semoga tercapai.

16 Komentar:

  1. Yeay challenge sudah selesai , semoga tercapai target blogging tahun depan :)

    BalasHapus
  2. moga semua targetnya terwujud ya, aamiin.

    iya ga kerasa udahan juga challenge ini.
    selamat sudah berhasil nulis selama 30 hari nonstop :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat juga ya, Mbak. Nggak kerasa ya, 30 hari itu.

      Hapus
  3. Selamat ya. Kita sudah menyelesaikan challenge dari blogger perempuan. Rasanya lega, hepi dan keren. Ternyata bisa ya nulis setiap hari itu. Semoga tercapai targetnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Ternyata kalau dipaksa, bisa juga ya, nulis setiap hari.

      Hapus
  4. Posting 5 kali sebulan, berarti 1 minggu ada 2 postingan bonus, mantabbb, aku juga pingin rajin ah

    BalasHapus
  5. Selamat ya...Hebat bisa one day one post...Saya sih masih jauh..:(
    Moga2 target mbak tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... kan katanya gantungkan cita-cita setinggi langit...

      Hapus
  6. Semangaat mba..

    Dan salam kenal ya

    BalasHapus
  7. Semoga tercapai targetmu untuk ngepost 5x dalam sebulan mbak. Aku masih kalah soal ngepost sebanyak itu. Ada banyak hal yg pingin aku tulis, tapi ya itu.. bawaaannya muaaales hahahhaha *dasar!

    Ngeblog juga hobiku soalnya aku dapet byk bgt kenalan dari sini,
    tapi piye toh mbak.. hahah... huh..-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau males nulis, nge-vlog aja. Huehehe... kalau gue malah males ngedit video. Bisa berjam-jam nggak selesai-selesai.

      Hapus
  8. saya juaga ada target hehehe,,,termasuk blogwalking

    BalasHapus